Makanan untuk Melancarkan Peredaran Darah (Part 4)

oleh -65 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Gangguan peredaran darah adalah masalah umum yang dapat disebabkan oleh sejumlah kondisi. Meskipun masalah peredaran darah sering diobati dengan obat-obatan, mengonsumsi makanan tertentu juga dapat meningkatkan aliran darah. Berikut Makanan Untuk Melancarkan Peredaran Darah (Part 4) (safna)

16. Tomat

Tomat adalah bahan makanan yang mengandung karotenoid tinggi seperti likopen, beta karoten, dan vitamin E.

Senyawa ini merupakan antioksidan yang secara efektif dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah, dan memperlambat perkembangan aterosklerosis.

17. Cabe

Cabai rawit mendapatkan rasa pedasnya dari fitokimia yang disebut capsaicin.

Nah, capsaicin ini dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan dengan menurunkan tekanan darah dan merangsang pelepasan oksida nitrat dan vasodilator lainnya (senyawa yang membantu memperluas pembuluh darah).

Vasodilator memungkinkan darah mengalir lebih mudah melalui vena dan arteri dengan mengendurkan otot-otot kecil yang ditemukan di dinding pembuluh darah.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cabai rawit dapat meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kekuatan pembuluh darah dan mengurangi penumpukan plak di arteri.

Terlebih lagi, cabai pedas ini sering disertakan dalam krim pereda nyeri karena dapat mendorong aliran darah ke area yang terkena.

18. Bawang putih

Bawang putih terkenal karena manfaatnya pada sirkulasi dan kesehatan jantung.

Studi menunjukkan bahwa bawang putih dapat meningkatkan aliran darah jaringan dan menurunkan tekanan darah dengan merelaksasikan pembuluh darah. Itu karena bawang putih khususnya mengandung senyawa belerang, termasuk allicin.

Faktanya, diet tinggi bawang putih dikaitkan dengan flow-mediated vasodilation (PMK) yang lebih baik, indikator efisiensi aliran darah.

19. Anggur

Anggur adalah buah sehat yang dapat meningkatkan kesehatan arteri dan juga sirkulasi darah Anda.

Dikemas dengan polifenol antioksidan, anggur ungu bisa membantu menjaga trombosit darah agar tidak saling menempel dan membentuk gumpalan darah, serta dapat mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah.

20. Sayuran bedaun hijau

Sayuran berdaun hijau bukan hanya kaya akan zat besi.

Mungkin banyak orang yang belum tahu, bahwa sayuran berdaun hijau juga mengandung nitrat tinggi. 

Kandungan nitrat ini dalam sayuran hijau seperti diketahui dapat meningkatkan peredaran darah dengan memperbesar pembuluh darah di tubuh dan memungkinkan darah mengalir lebih mudah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan sayuran berdaun hijau, seperti bayam secara teratur juga dapat menjaga arteri lebih fleksibel dan menurunkan tekanan darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.