Manfaat Jamur Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

oleh -59 views
source: hgtv.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Seperti yang telah kita ketahui ada berbagai jenis jamur. Ada yang bisa kita konsumsi dan ada juga yang beracun. Jamur sejak lama kita konsumsi sebagai masakan juga bisa sebagai obat tertentu. Hal ini karena ada beberapa jenis yang kaya akan nutrisi. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas manfaat jamur bagi kesehatan yuk. (tika)

1. Meningkatkan imunitas

Manfaat pertama yaitu untuk meningkatkan imunitas atau memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dalam pengobatan tradisional cina, ada jenis jamur shitake sebagai bahan untuk obat flu. Selain obat flu, ekstrak jamurnya bisa melawan virus dan meningkatkan daya tahan tubuh dari bakteri ataupun jamur. Ada sebuah studi yang mengatakan, orang yang mengonsumsi jamur kering dalam satu bulan fungsi kekebalan tubuhnya meningkat.

2. Menurunkan kolesterol

Jamur mengandung beta-gukan, eritadenine, dan chitosan yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Melansir dari hellosehat, ada sebuah studi yang mengungkapkan orang obesitas yang melakukan diet jamur. Hasilnya menunjukkan bahwa mengganti daging dengan jamur selama 3 kali seminggu dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) sebanyak 8%, mengurangi trigliserida 15%, dan menurunkan berat badan sebesar 3,6%.

3. Mengurangi risiko hipertensi

Tekanan darah tinggi bisa dipicu karena kurangnya asupan vitamin D dalam tubuh. Nah, tenang saja, jamur tiram mengandung vitamin D. Jadi, jika kamu makan masakan jamur tiram, secara tidak langsung akan mempengaruhi turunnya tekanan darah tinggi pada tubuh kamu. Namun, penelitian terkait jamur dengan vitamin D masih harus di teliti lebih lanjut.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Jamur juga bermanfaat dalam melancarkan sistem pencernaan lho. Hal ini karena jamur mengandung serat, yaitu suatu zat yang berperan dalam menjaga sistem pencernaan. Contohnya jamur tiram. Jamur tiram ini dalam setiap 100 gram terdapat 3,6 gram serat yang cukup untuk memenuhi serat harian. Maka dari itu, rutinlah untuk mengonsumsi jamur.

5. Menangkal radikal bebas

Tingginya radikal bebas dalam tubuh akan berdampak buruk pada kesehatan kita. Hal ini karena akan berpengaruh dan memicu penyakit lainnya seperti kanker, jantung, penuaan dini, dan masalah lainnya. Jamur memiliki kandungan antioksidan berupa vitamin C ergothioneine. Ada sebuah studi dari Journal of Medicinical Food 2010, ergothioneine efektif meminimalisir terjadinya aterosklerosis.

Nah itulah manfaat jamur bagi kesehatan. Namun, hati-hati tidak semua jamur bisa kita konsumsi. Apabila mengonsumsi secara berlebihan, maka ada bahaya dan risiko nya juga yang akan kita bahas selanjutnya.

Baca juga:

Manfaat Konsumsi Yogurt di Pagi Hari

Ini Manfaat Menggunakan Kaus Kaki Saat Tidur!

Ini 5 Manfaat Habbatussauda Untuk Kesehatan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *