Mariana Snailfish, Si Kecil Penghuni Dasar Laut

oleh -734 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mariana snailfish terkenal sebagai penghuni laut terdalam dunia, Palung Mariana. Sebelumnya, para ilmuwan hanya menemukan mikroba dan organisme kecil sebagai penghuni laut terdalam itu, hingga akhirnya mereka menemukan Mariana snailfish. (cva)

Palung Mariana, di Pasifik barat, dekat Guam, adalah hamparan lautan terdalam di Bumi. Perairan ini sangat misterius dan terpencil. Sejauh ini para ilmuwan mengetahui bahwa palung dalam tersebut adalah rumah bagi amphipoda dan krustasea, teripang, ubur-ubur, dan organisme bersel satu kecil berjuluk foraminifera.

Ternyata, perairan terdalam ini juga merupakan rumah bagi Mariana snailfish. Ikan sepanjang 5 cm yang tembus pandang ini mampu menjelajah hingga kedalaman lebih dari 8.200 meter di bawah laut. Mariana Snailfish diperkenalkan ke dunia dalam Jurnal Zootaxa edisi 28 November 2017.

Ikan transparan

Mengutip dari National Geographic, ikan ini memiliki bentuk fisik yang unik sekaligus aneh. Bentuknya transparan dan warnanya merah muda. Berbeda dengan ikan lainnya, spesies ikan baru ini tidak memiliki sisik dan gigi besar.

Sekilas, Mariana snailfish terlihat seperti kecebong. Ukuran kepalanya terlihat lebih besar daripada tubuhnya. Bagian ekor, sirip punggung dan duburnya cukup lebar. Matanya kecil hingga hanya terlihat seperti titik berwarna hitam.

Melansir dari Jurnal Zootaxa berjudul Pseudoliparis swirei sp. nov.: A Newly-Discovered Hadal Snailfish (Scorpaeniformes: Liparidae) from the Mariana Trench, tertulis jika bagian kepala ikan ini terlihat meruncing atau mengerucut ke bagian ekornya.

Insangnya terletak tepat di atas sirip dadanya. Walaupun tidak bersisik, ikan spesies baru ini memiliki duri yang tergolong tajam. Ukuran ikan spesies baru ini bervariasi tergantung pada jenisnya, tetapi ukuran umumnya sekitar 5 hingga 77 sentimeter.

Apa makanan Mariana snailfish?

Hidup di kedalaman laut ribuan meter tidak membuat Mariana snailfish kekurangan makanan. Pada 2014 peneliti menemukan jika ikan ini banyak mengonsumsi krustasea berukuran kecil yang juga hidup di kedalaman laut.

Mengutip dari Washington University, ikan ini menggunakan mulut mereka untuk mengisap dan menelan mangsanya. Selain krustasea berukuran kecil, ikan ini juga gemar memakan udang yang hidup di kedalaman laut.

Hidup di bawah tekanan air super ekstrem

Spesies ikan baru ini hidup di zona hadal (zona kedalaman laut 6.000 meter hingga 11.000 meter). Sudah pasti tidak ada cahaya yang bisa masuk dengan kondisi air sangat dingin.

Para ilmuwan menemukan jika Mariana snailfish hidup di bawah tekanan air yang sangat ekstrem. Tekanan ini sebanding dengan seekor gajah yang berdiri di atas ibu jari manusia.

Melansir dari Nature, ternyata ada beberapa perubahan genetik dalam Mariana snailfish yang menyebabkan mereka bisa berenang dan bertahan hidup di bawah tekanan air super ekstrem. Perubahan genetik ini menyebabkan tulang mereka menjadi lebih lentur dan tahan tekanan.

Ikan ini memiliki metabolisme asam lemak yang cukup tinggi. Kehadiran asam lemak ini membantu membran sel si ikan untuk bisa tetap bergerak fleksibel, meskipun hidup di kedalaman laut.

Ilmuwan juga menemukan jika Mariana snailfish kehilangan beberapa gen yang berkaitan dengan penginderaan cahaya. Namun, tersisanya lima gen dalam tubuh ikan tersebut membuktikan jika ikan ini masih memiliki kemampuan untuk melihat.

Jumlah spesiesnya ratusan

Temuan menarik lainnya, ternyata Mariana snailfish memiliki ratusan spesies. Diperkirakan jumlahnya lebih dari 350 spesies di tingkat kedalaman yang berbeda. Peneliti pernah menemukan satu spesies ikan ini yang hidup di kedalaman 8.178 meter Palung Mariana.

Mengutip dari New York Times, ikan jenis ini tidak hanya terdapat di Palung Mariana. Peneliti pernah menemukan tiga spesies baru snailfish di Palung Atacama, Samudra Pasifik. Ikannya dijuluki blue snailfish karena berwarna biru.

Jumlah spesies ikan snailfish akan terus bertambah seiring dengan banyaknya temuan peneliti di kedalaman laut dunia. Bagaimanapun hingga saat ini, snailfish masih terkenal sebagai ikan yang bisa hidup di kedalaman laut ribuan meter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.