Mengenal Kakeibo, Metode Mengelola Uang Ala Jepang

oleh -115 views
source: everydaycheapskate.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kakeibo merupakan suatu metode mengelola uang ala Jepang. Metode kakeibo ala jepang ini lebih mengedepankan mencatat uang secara manual menggunakan pena dan kertas untuk mencapai tujuan yang kita harapkan. Penemu metode ini adalah Motoko Hani pada tahun 1904 yang dapat membantu pengeluaran sebesar 25%.

Teknik kakeibo ini memiliki 4 pertanyaan dasar yang perlu kamu jawab lho. Sehingga akan memudahkanmu untuk mencapai tujuan keuangan. Langkah pertama yang harus kamu jawab adalah berapa jumlah uang yang kamu miliki, yang ingin kamu simpan, berapa yang ingin kamu belanjakan, dan yang terakhir bagaimana agar dapat meningkatkan jumlah uang yang bisa kamu tabung.

Setelah sudah menjawab 4 pertanyaan dasar, kita akan masuk pada tahap pencatatan. Bagaimana caranya ya? Yuk mari kita bahas ada apa saja.

1. Membuat catatan pada awal bulan

Langkah pertama pada tahap pencatatan yang harus kamu lakukan adalah mencatat sejak awal bulan. Kamu mulai mencatat uang masuk pada bulan tersebut, uang yang akan kamu keluarkan untuk membayar seperti listrik, belanja, cicilan, daan sebagainya. Setelah semua tercatat tentunya masih ada uang yang tersisa.

2. Tentukan jumlah yang akan kamu tabung

Setelah mencatat dan menentukan berapa uang yang sudah kamu keluarkan, lalu kamu tentukan berapa jumlah uang yang akan kamu tabung dari uang sisa tersebut. Dengan mencatat sebelumnya dan menentukan berapa jumlah uang yang akan kamu tabung akan memudahkanmu untuk mempertimbangkan aktivitas keuanganmu sesuai tujuanmu.

3. Selalu catat dengan detail

Tentunya sehari-hari pasti mengeluarkan uang entah untuk membeli jajan atau hal-hal yang tidak begitu besar tapi biasanya itu yang membuat lupa. Jadi, kamu tetap mencatat pengeluaran walaupun nominalnyaa tidak terlalu besar. Hal ini karena teknik kakeibo sangat tergantung pada pembukuan pengeluaran harian.

4. Review

Dan, yang terakhir jangan lupakan untuk review dan analisis pengeluaran dan pemasukan dalam sebulan penuh tersebut. Dari catatan tersebut kamu bisa mengevaluasi apakah sudah seperti target atau belum. Proses evaluasi ini berlangsung mulai dari harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Jika masih jauh dari rencana, kamu bisa mulai untuk memperbaikinya dan mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Nah, itu guys metode mengelola uang ala jepang yang bisa kamu coba untuk mengelola keuanganmu agar lebih teratur. (tika)

Baca juga:

Ini Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan Saat ‘Me Time’

Ini Manfaat Menggunakan Kaus Kaki Saat Tidur!

Ini Tips Menghemat Budget Skin Care!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *