Mengkonsumsi Cokelat dapat Membuat Bahagia?

oleh -125 views
Mengkonsumsi Cokelat dapat Membuat Bahagia

ZETIZEN RADAR CIREBON- Tidak sedikit orang di dunia ini pastinya sangat menyukai sebuah cokelat. Tidak sedikit orang juga yang kemudian merasa senang jika mendapatkan sebuah cokelat. Lantas apakah benar, mengkonsumsi cokelat dapat membuat bahagia?

Oleh karena itu, untuk menjawab misteri tersebut, kali ini mimin akan membahas seputar apakah mengkonsumsi cokelat dapat membuat bahagia? (fb)

Ternyata yang membuat seseorang bahagia setelah memakan cokelat adalah senyawa kimia yang terkandung pada cokelat tersebut. Senyawa yang terkandung pada cokelat tersebut akan mempengaruhi tubuh dan juga otak dengan cara yang menyenangkan.

Senyawa yang terkandung dalam cokelat tersebut pun tidak hanya satu, melainkan ada 4 buah senyawa yang membuat seseorang akan bahagia setelah mengkonsumsinya.

Theobromine

Senyawa yang pertama ada theobromine yang termasuk kedalam salah satu senyawa alkaloid yang merupakan senyawa organik yang mengandung nitrogen.

Selain pada cokelat, senyawa theobromine pun terdapat dalam kandungan teh dan juga kopi. Namun, kandungan yang paling banyak ditemukan adalah pada cokelat. Jika senyawa tersebut tersebut orang konsumsi, akan memberikan efek stimulan pada otak manusia.

Anandamide

Anandamide atau cannabinoid juga termasuk kedalam senyawa yang terkandung pada cokelat. Untuk fungsinya sendiri, senyawa ini akan mengikat reseptor pada otak manusia yang akan mempengaruhi fungsi otak. Selain itu, annadamide pun berperan untuk mempengaruhi suasana hati si pekonsumsi.

Selain itu, senyawa anandamide merupakan senyawa yang mirip dengan THC atau tetrahydrocannabinol yang merupakan bahan psikoaktif pada ganja. Namun kamu tidak perlu khawatir karena efek dihasilkan sangat kecil jumlahnya.

Phenylethylamine

Selain anandamide, phenylethylaminen pun berperan penting untuk membuat orang bahagia ketika memakan cokelat. Selain pada hati, phenylethylaminen juga berfungsi untuk merangsang pusat kesenangan pada otak manusia.

Senyawa tersebut pun sama dengan senyawa yang otak manusia produksi ketika sedang jatuh cinta. Namun, kandungan senyawa satu ini yang terdapat pada cokelat cukup tinggi yang cenderung sulit untuk kita cerna. Sehingga efek dari senyawa tersebut tidak dapat langsung kita rasaka.

Gula

Jika kamu berfikir bahwa rasa manis yang terkandung pada cokelat berasal dari cokelat itu sendiri kamu salah sob. Faktanya adalah, rasa manis yang kamu rasakan jika memakan sebuah cekelat berasal dari gula yang terkandung pada cokelat tersebut.

Ketika kita memakan makanan manis, sensor indera perasa manusia akan mengirim sinyal kimiawi ke otak. Setelah itu, sinyal tersebut akan melepas senyawa kimia yang akan berasosiasi dengan kesenangan dan penghargaan. Sehingga, ketika kita mengkonsumsi cokelat akan memberikan kesan kesenangan.

Baca artikel lainnya mengenai Mengapa Gigi Sakit Ketika Memakan Makanan Manis?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *