,

Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan yang Perlu Kamu Ketahui Part I

oleh -666 views
Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan yang Perlu Kamu Ketahui

ZETIZEN RADAR CIREBON- Seperti yang kita ketahui, dunia ini memiliki dua buah kutub yakni Kutub Utara dan Kutub Selatan. Kutub Utara dan Kutub Selatan merupakan sebuah wilayah yang didominasi oleh sebuah es yang sangat luat. Walaupun terlihat sama, namun ternyata kedua kutub tersebut memiliki perbedaan. Oleh karena itu, mimin akan membahas seputar perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan yang perlu kamu ketahui. (fb)

Baca juga: Destinasi Wisata Terekstrim di Dunia, Berani Coba?

Wilayah

6 Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan, Lebih Dingin Mana? : Okezone  Travel
Source by Okezone Travel

Jika kamu berfikir bahwa karakteristik wilayah Kutub Utara dan Kutub Selatan sama, kamu salah sob. Pasalnya, wilayah dari kedua kutub tersebut berbeda.

Kutub Selatan merupakan sebuah daratan yang di kelilingi oleh lautan. Seperti daratan pada umumnya di bumi, Kutub Selatan pun mempunyai batuan besar, lembah, danau, bahkan sebuah gunung bernama Erebus.

Sedangkan Kutub Utara merupakan sebuah lautan beku yang kemudian berubah menjadi sebuah bongkahan es yang besar dan juga di kelilingi oleh daratan.

Penghuni

5 Fakta Menarik Mengenai Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan
Source by IDN Times

Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah tentang penghuni. Di Kutub Selatan, kamu tidak akan dapat menemukan penduduk asli dari sana.

Pasalnya, Kutub Selatan merupakan sebuah wilayah yang tidak memiliki penduduk satu pun di dunia. Bahkan, tidak ada sejarah yang mengatakan bahwa Kutub Selatan memiliki penduduk asli.

Sebaliknya, kamu dapat menemukan penduduk di Kutub Utara. Walaupun Kutub Utara merupakan sebuah lautan dengan bongkahan es yang besar, ternyata ada beberapa negara yang menguasai wilayah ini.

Mulai dari Kanada, Norwegia, Greenland, Islandia, Rusia hingga Amerika Serikat. Tercatat, ada sekitar 4 juta jiwa yang tinggal di Kutub Utara.

Fauna

Fakta Benua Antartika, Benua yang Tidak Memiliki Penduduk Asli - Adventure  Travel
Source by Adventure Travel

Jika pada sebelumnya kita membahas seputar populasi manusia, kali ini kita akan membahas soal hewan yang ada di kutub. Jika kamu berkeinginan untuk melihat seekor pinguin dan beruang kutub secara bersamaan, sepertinya kamu tidak akan bisa sob. Pasalnya, kedua hewan tersebut tinggal di wilayah yang berbeda.

Di Kutub Utara kamu hanya dapat menemukan beruang kutub, rusa kutub, rubah kutub, kelinci bersalju, walrus, hingga burung hantu. Sedangkan untuk di Kutub Selatan, kamu hanya dapat menemukan pinguin, singa laut, gajah laut dan beberapa jenis ikan seperti ikan paus.

Bayangkan saja jika beruang kutub dan pinguin tinggal di satu tempat yang sama, mungkin populasi pinguin sudah berkurang saat ini.

Baca part selanjutnya di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.