,

Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan yang Perlu Kamu Ketahui Part II

oleh -339 views
Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan yang Perlu Kamu Ketahui

ZETIZEN RADAR CIREBON- Seperti yang kita ketahui, dunia ini memiliki dua buah kutub yakni Kutub Utara dan Kutub Selatan. Kutub Utara dan Kutub Selatan merupakan sebuah wilayah yang didominasi oleh sebuah es yang sangat luat. Walaupun terlihat sama, namun ternyata kedua kutub tersebut memiliki perbedaan. Oleh karena itu, mimin akan membahas seputar perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan yang perlu kamu ketahui. (fb)

Baca part sebelumnya di sini

Suhu

Suhu Kutub Selatan Naik 1,8 Derajat Celsius dalam 30 Tahun Terakhir :  Okezone techno
Source by Okezone Techno

Perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah soal suhu dari kedua kutub tersebut. Ternyata, kedua kutub terserbut memiliki suhu yang berbeda sob.

Suhu di Kutub Selatan jauh lebih dingin dari pada Kutub Utara. Suhu rata-rata di Kutub Selatan mencapai -49 derajat celcius. Namun ternyata, suhu tersebut bukanlah yang terbesar. Suhu di Kutub Selatan pernah mencapai -89 derajat celcius tepatnya di Stasiun Vostok.

Sedangkan di Kutub Utara yang merupakan lautan beku hanya mencapai -34 derajat celcius. Bahkan saat musim panas tiba, suhu di sana akan semakin hangat.

Ketebalan Es

Antara Kutub Utara dan Kutub Selatan, Mana yang Lebih Dingin? - Semua  Halaman - Bobo
Source Bobo – Grid.id

Tentang ketebalan es dari kedua kutub tersebut pun ternyata memiliki perbedaan sob. Di Kutub Selatan, ketebalan es di sana mencapai 4.700 meter. Hal tersebut menjadikan Antartika sebuah benua dengan penyimpanan 85% es abadi di dunia.

Sedangkan untuk Kutub Utara yang merupakan lautan dengan bongkahan es hanya mempunyai ketebalan yang sangat bervariasi. Mulai dari beberapa inci, hingga 2 meter saja. Karena sangat tipis, di sana sering kali terjadi keretakan es.

Kondisi Es

7 Hal Mengejutkan Ini Akan Terjadi jika Semua Es di Kutub Mencair
Source by IDN Times

Selanjutnya kita akan membahas soal kondisi es di sana. Walaupun kerusakan ozon lebih parah di Kutub Selatan, namun ternyata kondisi es yang mencair lebih parah di Kutub Utara.

Sebenernya, es di Kutub Utara akan selalu mencair ketika musim panas tiba dan akan kembali membeku ketika musim dingin. Namun, pada peneliti mengatakan bahwa Es di Greenland yang merupakan wilayah dari Kutub Utara mencair dengan cepat.

Kandungan Minyak

6 Fakta Tersembunyi di Kutub Utara, Cadangan Minyak Terbesar Hingga Jadi  Rebutan Negara Maju - Halaman all - Tribun Travel
Source by Tribunnews.com

Ternyata, wilayah dari Kutub Utara dan Kutub Selatan menyimpan harta karun yang sangat berharga yakni kandungan minyak. Menurut data dari USGS atau United States Geological Survey, Kutub Utara menyimpan satu per empat dari cadangan minyak yang belum digali di seluruh dunia.

Karena hal tersebut, Rusia mengklaim dan menandai sebagian besar wilayah Kutub Utara untuk menjadi wilayahnya. Hal tersebut pun ternyata serupa dilakukan oleh Amerika yang mengklaim sebagian daerah di dekat Alaska dengan mengirim kapal pemecah es.

Sebenarnya, Kutub Selatan pun mempunyai cadangan minyak yang terbilang banyak terutama di Laut Ross. Namun, setiap negara yang ada di dunia dilarang keras untuk mengekploitasikan wilayah Antartika selain untuk perdamaian seperti yang dikatakan dalam Perjanjian Antartika pada 1959.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.