Persiapan Fisik Menjelang Bulan Ramadhan

oleh -44 views
source: aboutislam.net

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadhan untuk umat Islam di seluruh dunia. Berpuasa selama satu bulan penuh, menahan dari segala godaan termasuk makan dan minum sampai tiba waktunya berbuka. Nah, dengan adanya perubahan pola makan, kita harus melakukan persiapan agar saat menjalani kita tidak kaget dan tetap sehat saat menjalaninya. Apa saja ya persiapannya? Yuk mari kita bahas persiapan fisik menjelang bulan Ramadhan. (tika)

1. Berlatih puasa

Sebelum datangnya bulan suci ini, cobalah untuk berlatih terlebih dahulu agar terbiasa saat menjalani puasa nanti. Kamu bisa melatih dengan puasa sunnah, yaitu puasa senin-kamis. Nah, dengan rutin berpuasa sunnah, maka kekebalan dan kesehatan tubuhmu akan terjaga dan meningkat.

2. Menjaga pola makan

Mungkin sebelumnya kita tidak menjaga pola makan dan jajan sembarangan. Mulai dari sekarang kita coba untuk menjaga pola makan yang teratur dan seimbang. Usahakan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih sesuai kebutuhan. Hal ini akan membantumu menjaga stamina dan kebugaran tubuh.

3. Rutin berolahraga

Yuk yang jarang berolahraga, mulai lagi untuk rutin berolahraga. Berolahraga dapat membantu kamu mempersiapkan fisik jelang bulan puasa. Karena di bulan Ramadha, intensitas kita untuk berolahraga cenderung berkurang karena fokus beribadah. Berolahraga terlalu keras saat bulan Ramadhan juga menguras energi yang membuatmu cepat lelah dan haus. Lebih baik mulai dari sekarang saja.

4. Kurangi begadang

Biasanya di bulan sebelumnya kamu terlalu sering begadang, usahakanlah dari sekarang untuk membiasakan tidur awal waktu dan tidak begadang. Karena jika di bulan Ramadhan kamu terlalu sering begadang, maka tidak sehat untuk tubuhmu. Apalagi kamu harus bangun lebih awal untuk sahur. Kurangnya tidur juga membuat ibadahmu menjadi tidak maksimal.

Itulah sekiranya yang bisa kamu persiapkan untuk persiapan fisik menjelang bulan Ramadhan. Tetap jaga kesehatan dan semangat menyambut bulan Ramadhan ya!

Baca juga :

Ternyata Ini Manfaat Minum Air pH Tinggi!

Susah Bangun Pagi? Tips ini Harus Kamu Coba!

5 Hobi Ini Bikin Kamu Jadi Cerdas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *