Puasa Minggu Pertama : 5 Tips Berikut untuk Hindari Sembelit

oleh -67 views
Foto : ilustrasi Sembelit

ZETIZEN RADAR CIREBON – Konstipasi alias sembelit seringkali menjadi gangguan yang paling tidak mengenakkan saat menjalankan ibadah puasa. Perubahan ritme pola makan dan pilihan menu makanan juga turut andil dalam peningkatan risiko sembelit selama puasa. Berikut ini 5 Tips Berikut untuk Hindari Sembelit selama menjalankan ibadah puasa di minggu pertama. (jerrell)

1. Perbanyak konsumsi makanan tinggi serat

Puasa Minggu Pertama, Lakukan 5 Tips Berikut untuk Hindari SembelitUnsplash.com/Brooke Lark

Makanan yang kaya akan serat memang sangat berperan dalam melancarkan proses pencernaan. Jika pencernaan lancar, maka kita pun akan terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit. Sebut saja sayuran dan buah, jangan sampai di-skip, ya.

Selain untuk mencegah, konsumsi makanan tinggi serat juga dapat meredakan sembelit, lho. Gak hanya itu, mengonsumsi makanan tinggi serat saat sahur juga dapat membantu perut terasa kenyang lebih lama. Makin kuat, deh puasanya. 

2. Pastikan untuk mencukupi kebutuhan cairan harianmu 

Puasa Minggu Pertama, Lakukan 5 Tips Berikut untuk Hindari SembelitUnsplash.com/Bluewater Globe

Pemenuhan asupan cairan harian menjadi poin penting selanjutnya yang wajib dilakukan agar terhindar dari sembelit. Meski bukan satu-satunya penyebab, tapi kekurangan cairan bisa sangat fatal bagi kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, selama berpuasa dianjurkan untuk tetap minum sebanyak delapan gelas sehari, yaitu masing-masing 2 gelas saat sahur, saat berbuka, setelah tarawih, dan menjelang tidur. Catat, ya! 

3. Batasi konsumsi lemak berlebih 

Puasa Minggu Pertama, Lakukan 5 Tips Berikut untuk Hindari SembelitUnsplash.com/Ashwini Chaudhary

Mengonsumsi makanan tinggi lemak selama menjalankan ibadah puasa ternyata juga dapat memengaruhi pencernaan. Sebut saja goreng-gorengan, saat terlalu banyak mengonsumsinya, sistem pencernaan akan bekerja lebih keras sebab makanan semacam ini tergolong sulit dicerna oleh tubuh.

Selain itu, kolesterol dalam darah juga akan mengalami peningkatan. Meski enak dan kerap dijadikan menu takjil, kita perlu menghindari jenis makanan ini atau setidaknya batasi konsumsinya.

4. Perhatikan waktu konsumsi kafein selama puasa

Puasa Minggu Pertama, Lakukan 5 Tips Berikut untuk Hindari SembelitUnsplash.com/andrea di

Kafein, terutama kopi, sebenarnya tetap boleh dikonsumsi selama puasa. Bagi penikmat kopi, tentu hal ini menjadi kabar yang menggembirakan. Konsumsi kafein tetap diperbolehkan dengan alasan kafein memang dapat memicu BAB hingga kita akan terhindar dari sembelit.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah waktu yang tepat untuk meminumnya. Minumlah setidaknya 1 jam setelah berbuka dan setelah sahur menjelang imsyak. Hindari minum kopi saat perut kosong, ya. Hal ini dikarenakan dapat memicu naiknya asam lambung.

5. Usahakan untuk tetap rutin berolahraga

Puasa Minggu Pertama, Lakukan 5 Tips Berikut untuk Hindari SembelitUnsplash.com/Alex McCarthy

Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa berolahraga saat puasa akan menghabiskan energi dan memicu kelelahan. Padahal, rutin berolahraga saat puasa justru dapat membantu mencegah dan mengatasi sembelit, lho. Gak perlu yang terlalu berat, cukup olahraga ringan seperti jalan santai, peregangan, yoga, atau bersepeda, selama 15-30 menit menjelang waktu berbuka.

Aktivitas fisik semacam ini akan merangsang usus bergerak lebih aktif hingga memudahkan proses BAB. Selain dapat menghindarkan diri dari sembelit, olahraga ringan selama puasa juga akan membantu menjaga kebugaran tubuh. Ibadah lancar, tubuh juga tetap bugar. 

Nah, itu tadi lima tips anti sembelit yang dapat dilakukan selama menjalankan ibadah puasa. Yuk, terapkan. Biar puasamu lancar dan tetap sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *