Rekomendasi Film Anak Indonesia yang Bertema Pendidikan (Part 1)

oleh -34 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hari Pendidikan Nasional akan jatuh pada tanggal 2 Mei 2021. Untuk memperingati hari tersebut, marilah kita mengingat tentang pendiddikan yang terjadi di Indonesia. Berikut Rekomendasi Film Anak Indonesia yang Bertema Pendidikan (Part 1). (kayla)

1. Laskar Pelangi

Siapa yang tidak tahu Laskar Pelangi? Film yang diangkat dari novel best seller karya Andrea Hirata juga menorehkan prestasi luar biasa ketika diadaptasi menjadi film. Laskar Pelangi menceritakan tentang perjuangan anak-anak yang bersekolah di Belitung, kampung dari Andrea Hirata sendiri. Film ini mengisahkan perjuangan guru dan murid yang bersekolah di Muhammadiyah.

Hasil karya Andrea ini kental akan nilai-nilai pendidikan yang dilihat dari beberapa tokohnya seperti Bu Muslimah yang mengajar tanpa mengharap imbalan, Pak Harfan yang sangat memotivasi, Lintang anak kurang mampu yang memiliki semangat belajar yang tinggi, dan Ikal sosok yang penuh optimis. Film ini ada kisah nyata dari penulis Andrea Hirata.

2. Sokola Rimba

Sokola Rimba adalah film yang menceritakan tentang seorang perempuan bernama Butet Manurung (Prisia Nasution) yang mengajarkan baca tulis kepada anak-anak masyarakat Suku Anak Dalam. Suku Anak Dalam dikenal dengan anak Orang Rimba.

Film ini wajib ditonton karena menyadarkan kita bahwa banyak anak yang belum tersentuh dengan dunia pendidikan. Selain itu, Sokola RImba juga mengingatkan perjuangan agar pendidikan dapat dirasakan oleh seluruh anak Indonesia.

3. Petualangan Menangkap Petir

Petualangan Menangkap Petir adalah film yang diperankan oleh Abimana Aryasatya pada tahun 2018. Film ini menceritakan tentang seorang anak bernama Sterling yang aktif mengelola konten Youtubenya sehingga Sterling (Bima Azriel) tidak memiliki teman.

Petualagan Menangkap Petir ini mengajarkan kita bagaimana caranya bergaul dan berkomunikasi dengan teman sebaya. Film ini tidak murni tentang pendidikan tetapi dengan menonton film ini detikers dapat belajar bagaimana caranya merasakan keseruannya menjadi anak-anak dan bergaul dengan sesama.

4. Negeri Lima Menara

Film anak Indonesia selanjutnya adalah Negeri 5 Menara. Film ini diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Ahmad Fuadi. Negeri 5 Menara menceritakan seorang anak bernama Alief yang berat hari untuk melanjutkan pendidikannya di pesantren di Ponorogo.

Akhirnya, di sana Alief bertemu dengan teman-temannya yang asik dan seorang ustaz bernama Salman yang sangat memotivasi dan penuh gairah. Nilai edukasi dalam film ini adalah terlihat dari seringnya penyebutan Man Jadda Wa Jadda yang artinya barang siapa yang bersungguh-sungguh, maka ia akan berhasil. Film ini juga menggambarkan pendidikan pesantren yang sangat disiplin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.