Rekrutmen Calon AAU Masih Terbuka Untuk Lulusan SMA/SMK

oleh -68 views
Foto : Taruna dan Taruni AAU yang Mendapatkan Gelar Cumlaude

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagi para lulusan SMA sederajat yang ingin mengabdi kepada bangsa dan negara dengan menjadi prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), kini dibuka satu pendaftaran khusus. Yakni, melalui rekrutmen calon Taruna atau Taruni AAU yang masih terbuka untuk lulusan SMA/SMK! (jerrell)

TNI Angkatan Udara atau TNI AU membuka rekrutmen bagi calon Taruna dan Taruni AAU untuk lulusan SMA/MA dan SMK Penerbangan.

Setelah lulus dari pendidikan di Akademi Angkatan Udara (AUU) di Daerah Istimewa Yogyakarta, Taruna dan Taruni akan diangkat sebagai Perwira TNI AU.

Melansir dari laman diajurit.tni-au.mil.id, ada beberapa syarat penting yang harus dipenuhi calon peserta sebagai berikut:

Persyaratan umum calon Taruna dan Taruni AAU 2021

  • Warga Negara Indonesia.
  • Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945.
  • Berusia sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
  • Tidak memiliki catatan kriminalitas yang pihak Kepolisian Republik Indonesia keluarkan secara tertulis.

Persyaratan khusus

1. Siswa/Siswi lulusan SMA/MA jurusan IPA dan SMK Penerbangan jurusan Airframe Powerplant dan Avionics, dengan ketentuan nilai UAN sebagai berikut:

  • Lulus SMA/MA jurusan IPA dan SMK Penerbangan jurusan Airframe Powerplant dan Avionics tahun 2016 adalah nilai UN rata-rata minimal 50,00.
  • Lulusan SMA/MA jurusan IPA dan SMK Penerbangan jurusan Airframe Powerplant dan Avionics tahun 2017 untuk nilai UN rata-rata minimal 47,00.
  • Lulus SMA/MA jurusan IPA dan SMK Penerbangan jurusan Airframe Powerplant dan Avionics tahun 2018 untuk nilai UN rata-rata minimal 46,00.
  • Lulus SMA/MA jurusan IPA dan SMK Penerbangan jurusan Airframe Powerplant dan Avionics tahun 2019 untuk nilai UN rata-rata minimal 47,50.
  • SKHUN tersebut Sobat sertai dengan daftar kolektif hasil ujian nasional (Dakolhun) yang telah terlegalisir serta fotokopi rapor kelas 12 yang telah terlegalisir pejabat berwenang.

2. Lulusan SMA/MA jurusan IPA dan SMK Penerbangan jurusan Airframe Powerplant dan Avionics tahun 2020, sebagai berikut:

  • Nilai rata-rata Rapor semester 1-6 terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Biologi, Matematika, Kimia, Bahasa Inggris dan Fisika minimal 70,00 dan tidak ada nilai di bawah 60,00.

3. Sobat harus melengkapi fotokopi rapor kelas 10 sampai 12 yang telah terlegalisir oleh pejabat berwenang.

4. Untuk lulusan SMA/MA jurusan IPA dan SMK Penerbangan jurusan Airframe Powerplant dan Avionics tahun 2021. Bila belum mendapatkan Ijazah harus menyertakan surat keterangan dari sekolah yang bersangkutan sebagai pengganti sementara Ijazah.

5. Belum pernah menikah dan sanggup tidak nikah selama dalam pendidikan pertama.

6. Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm diutamakan yang memiliki tinggi badan 165 cm untuk pria dan 157 cm diutamakan yang memiliki tinggi badan 160 cm untuk wanita serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

7. Bersedia menandatangani surat perjanjian Ikatan dinas pertama keprajuritan selama 10 tahun (bermaterai).

8. Bersedia TNI AU tempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jadwal Penting

Pendaftaran calon Taruna dan Taruni TNI AU terbuka hingga 16 April 2021. Peserta yang memenuhi persyaratan bisa mendaftar di laman rekrutmen TNI AU.

Setelah melakukan pendaftaran online, peserta bisa melakukan daftar ulang di Lanud terdekat.

Informasi lengkap tentang pendaftaran atau rekrutmen TNI Taruna AAU tahun 2021 bisa diakses di https://diajurit.tni-au.mil.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *