Resensi Buku: Cheesy Notes from Holland

oleh -638 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hi readers! Di tulisan kali ini aku mau buat resensi mengenai sebuah buku yang baru aja selesai aku baca kemarin. (cva)

Buku pertama yang akan aku resensi kali ini adalah buku non-fiksi , yang di mana buku ini adalah catatan perjalanan penulis yang menceritakan pengalamannya selama kuliah di Belanda. 

Penasaran? Yuk , langsung aja simak resensi bukunya!

Identitas Buku

Judul buku: Cheesy Notes from Holland: Catatan Perjalanan Tak Terlupakan di Belanda

Penulis: Yuhendra

Penerbit: Diva Press

Tahun terbit: April 2014

Jumlah halaman: 240 halaman

Sinopsis

Melakukan perjalanan ke luar negeri, khususnya Belanda merupakan impian bagi banyak orang. Terlebih bisa menempuh pendidikan di sana dengan beasiswa, dan penulis adalah salah satunya. Buku Catatan Cheesy dari Belanda ini mengisahkan tentang pengalaman penulis selama dua kali belajar di negeri kincir angin, yang pertama dalam program kursus singkat tahun 2006 dan master program pada tahun 2008.

Banyak sekali hal-hal yang diatur oleh masyarakat Indonesia terhadap bangsa dan negara Belanda, tetapi ternyata anggapan tersebut tidak tepat dan jauh dari fakta yang ada. Buku ini dapat dijadikan sebagai refleksi perbandingan dua negara, antara Indonesia dengan Belanda, dari berbagai sisi. Berbagai pengalaman digambarkan dan diuraikan secara apik, sehingga mampu memberikan perspektif lain tentang kehidupan Barat dan perenungan diri agar bisa lebih bijak dalam melihat budaya bangsa Indonesia sendiri.

Kelebihan Buku

Readers, buku ini menggunakan bahasa yang ringan, sehingga siapa pun bisa terhubung dan memahaminya, termasuk kamu. Selain itu, ketika kamu membaca beberapa bagian dari buku ini, kamu pasti senyum-senyum sendiri, karena humor-humor garingnya. 

Buku yang menggambarkan pengalaman yang menggambarkan refleksi perbandingan dari kedua negara ini sangat bagus untuk membuka cakrawala baru kita. Dokumentasi penulis pun turut membuat kita semakin terbayang suasana yang diceritakannya.

Kekurangan Buku

Pengalaman yang diceritakannya selama perjalanan pendidikan di Belanda sudah cukup lama, sehingga mungkin ada beberapa kejadian yang sudah berkembang dan berubah saat ini. 

Selain itu, karena buku ini menceritakan pengalaman penulis yang singkat, sehingga kadang kurang memberikan gambaran detail kepada pembaca.

Itu dia tadi resensiku mengenai buku bertajuk Cheesy Notes from Holland. Next kita bahas buku apalagi, nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.