Salat Tarawih Membaca Alquran 10 Juz

oleh -215 views
SAMBIL MENGHAFAL: Para santri di Pondok Pesantren Syariful Anam sedang mengikuti Salat Tarawih, yang diimami oleh santri pula.

CIREBON-Ada yang berbeda dalam pelaksanaan Salat Tarawih di Pondok Pesantren Syariful Anam, Majasem, Kota Cirebon. Dalam Salat Tarawih di bulan Ramadan 1442 H ini, sebanyak 20 rakaat membaca Alquran 10 juz yang ditargetkan selesai pada hari ke 20 Ramadan. Selain itu, imam Salat Tarawih merupakan para santri yang mendapatkan giliran setiap harinya.

Menurut Fuad Nawawi (39), Pengasuh Pondok Pesantren Syariful Anam, hal tersebut dilakukan karena pesantren ini merupakan pesantren Quran yang melatih para santrinya untuk menghafal Alquran. Sehingga, dalam setiap momen atau kegiatan, para santri di ponpes yang berdiri tahun 2017 itu dituntut untuk bisa mempraktikkan halafan dari ayat Quran.

“Karena kita pesantren Quran, jadi salah satu caranya dengan menjadi imam dalam Salat Tarawih. Dalam tahun ini menggunakan juz 1 hingga 10 secara bergilir dengan setengah juz dalam setiap Tarawih-nya,” ujar Fuad.

Lebih lanjut dikatakannya, pesantren ini juga memiliki aktivitas rutin dalam menghafalkan ayat Alquran. Biasanya para santri, pada pagi hari akan menambah hafalan dengan maksimal dua halaman. Kemudian dilanjut pada malam hari yang mengulang hafalan yang kemarin-kemarin dengan maksimal lima halaman.

Selain itu, pesantren ini juga mengadakan pengajian pasaran yang mengambil dan membahas dari Kitab Al-Hikam Al-Athaiyyah. Kitab tersebut merupakan alfarisma dari Muhammad Ibnu Atha-illah As-Sakandari yang berisi tentang hubungan manusia dengan sesama dan juga Allah SWT. Pengajian tersebut dipimpin langsung oleh Fuad Nawawi dengan pembahasan yang santai dan juga layaknya santri yang berbicara dengan temannya.

“Pembawaan pengajian itu biasanya saya santai, layaknya santri dengan teman-temannya. Sehingga para santri bisa saling bercerita dan bercanda seraya menghafalkan Alquran,” tutupnya. (Jerrell)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *