Simak Disini, Cara Mendapatkan SIM Gratis dari Pemerintah!

oleh -146 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Presiden RI Joko Widodo memberikan peluang bagi masyarakat untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi atau SIM tanpa biaya, alias gratis. Pemberian SIM gratis ini khusus untuk masyarakat miskin yang tidak mampu. Presiden Jokowi akan menggratiskan biaya pembuatan baik SIM A ataupun SIM C dari masyarakat kurang mampu. (cva)

Digratiskannya biaya pengurusan Surat Ijin Mengemudi (SIM) sempat mencuat. Hal ini diembuskan beberapa waktu lalu, melalui pidato Presiden Joko Widodo pada awal 2021.

source by: otomotif.kompas.com

Untuk diketahui, kabar adanya SIM gratis sebelumnya tertera dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Republik Indonesia. Terdapat 31 jenis PNBP yang berlaku di lingkungan Polri, antara lain soal penerbitan SIM. Baik untuk pembuatan SIM baru, perpanjangan SIM, ataupun pengujian penerbitan surat keterangan uji keterampilan pengemudi.

Aturan tersebut juga menambahkan layanan yang mendapatkan prioritas gratis. Seperti penerbitan surat tanda coba kendaraan bermotor, penerbitan tanda nomor kendaraan bermotor, penerbitan tanda coba nomor kendaraan bermotor, mutasi kendaraan ke luar daerah, serta Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Syarat

Berikut ini prasyarat yang ditentukan untuk dapat memperoleh pelayanan SIM gratis yang wajib dipenuhi:

  • Masyarakat tidak mampu.
  • Mahasiswa atau pelajar.
  • Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Ketentuan lebih lanjut mengenai besaran, persyaratan, serta tata cara pengenaan layanan gratis diatur dengan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, kawan-kawan bisa membuka akses laman resmi Humas POLRI melalui link humas.polri.go.id. Atau bisa juga melalui kontak Humas POLRI ke nomor 021-7218741, dan email ke divhumas@polri.go.id. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.