Sir Ywain, Ksatria Paling Ditakuti Dalam Legenda Arthurian

oleh -286 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sir Ywain adalah seorang ksatria meja bundar dan putra Raja Urien dan Morgan le Fay dalam legenda Arthurian. Dalam kisah Owain mab Urien, dia karakter utama dalam sastra tersebut dan menjadi raja Rheged di Inggris Raya. (sno)

Sejarah

Sir Ywain adalah salah satu karakter paling awal yang terkait dengan Raja Arthur, disebutkan dalam Geoffrey dari Monmouth’s Historia Regum Britanniae, dan juga salah satu yang paling populer, membintangi Yvain Chr├ętien de Troyes, Ksatria Singa dan muncul secara mencolok di kemudian hari akun.

Dia tetap menjadi putra Urien dalam hampir semua literatur tempat dia muncul. Karakter lain dalam legenda Arthurian berdasarkan tokoh-tokoh sejarah, misalnya Sir Kay, kehilangan hubungan keluarga asli mereka dalam literatur roman.

Tradisi Welsh

Dalam Tradisi Welsh, Sir Ywain bernama Owain mab Urien sebagai tokoh sejarah kerajaan Rheged abad ke-6 pada saat invasi Anglo-Saxon ke Inggris.

Namanya tercatat dalam tradisi bardic Taliesin dan menjadi karakter legendaris di Welsh Triad, di mana ayah, saudara perempuan, kuda, dan penyair pribadinya semuanya diakui tetapi istrinya Penarwan disebut sebagai salah satu dari “Tiga Istri Tak Beriman di Inggris”, bersama dengan saudara perempuannya Esyllt

Sastra Modern

Dalam novel modern, dia muncul di Marion Zimmer Bradley’s Mists of Avalon. Tetapi sebagai anak angkat Morgan le Fay, bukan anak kandungnya. Dalam The Winter King Owain karya Bernard Cornwell adalah panglima perang utama Uther Pendragon dan juara Dumnonia.

Dia digambarkan sebagai seorang prajurit yang ulung dan sangat ditakuti, tetapi secara moral korup dan pencatut perang. Setelah menerima uang untuk membantai penambang timah yang tidak bersalah untuk menjebak kekuatan asing. Arthur menuduh Owain tidak menghormati dan menantangnya untuk berduel, di mana Owain dibunuh.

Source: Fandom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.