STIS : Sekolah Kedinasan yang Menjadi Favorit

oleh -412 views
Foto : Potret Gedung STIS

Pendaftaran perguruan tinggi kedinasan atau sekolah kedinasan untuk tahun ajaran baru 2021/2022 resmi dibuka sejak Jumat (9/4/2021) melalui laman Badan Kepegawaian Negara (BKN). Ternyata ada salah satu sekolah kedinasan yang menjadi favorit yaitu STIS

Hingga Senin (12/4/2021), BKN melalui laman Twitter mencatat 10 besar Sekolah Kedinasan favorit, di mana Politeknik Statistika STIS menjadi sekolah kedinasan dengan pendaftar terbanyak, yakni 1.162 pelamar.

Sementara di posisi kedua ada PKN STAN dengan 762 pelamar, STIN 748 pelamar, STMKG 456 pelamar, Poltekim 327 pelamar, Poltekip 294 pelamar, Poltek Siber dan Sandi Negara 236 pelamar, IPDN 134 pelamar, PTDI STTD Bekasi 76 pelamar dan PPI Madiun 24 pelamar.

Lulusan STIS jadi Calon ASN

Sekolah Kedinasan STIS merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Didirikan pada tahun 1958 dengan nama Akademi Ilmu Statistik (AIS) dan menawarkan jenjang Diploma III sampai Diploma I.

Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/351/M.SM.01.00/2021 tentang Persetujuan Prinsip Tambahan Kebutuhan CPNS dari Siswa/Siswi Politeknik Statistika STIS Tahun Anggaran 2021, maka Politeknik Statistika STIS – Badan Pusat Statistik akan menerima kembali mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 yang berstatus ikatan dinas sebanyak 600 orang dengan rincian:

  • Prodi Statistika Program Diploma III — 140 mahasiswa
  • Program Studi Statistika Program Diploma IV — 250 mahasiswa
  • Prodi Komputasi Statistik Program Diploma IV — 210 mahasiswa

Lulusan Program Diploma III akan pemerintah angkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan II/c dan akan ditugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh wilayah Indonesia.

Lulusan Program Diploma IV akan pemerintah angkat sebagai calon Aparatur Sipil Negara (ASN) golongan III/a dan akan pemerintah tugaskan di Badan Pusat Statistik (BPS)/Kementerian/Lembaga/Instansi lainnya di seluruh wilayah Indonesia.

Selama masa pendidikan, mahasiswa akan terbebaskan dari biaya pendidikan (tanpa uang saku).

Pendaftaran STIS

Pendaftaran Sobat lakukan secara online hingga 30 April 2021 dan dapat Sobat lakukan dari mana pun, dengan cara sebagai berikut:

1. Peserta dapat mendaftar melalui portal https://sscasn.bkn.go.id lalu pilih menu Sekolah Kedinasan, atau Peserta dapat mendaftar melalui portal https://dikdin.bkn.go.id. Peserta membuat akun dengan menginput Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

2. Pendaftar login kembali ke SSCASN dengan menggunakan NIK dan password yang telah Sobat daftarkan.

3. Pendaftar memilih Sekolah Kedinasan Politeknik Statistika STIS dan melengkapi biodata diri.

4. Pendaftar menyelesaikan pendaftaran dengan mengecek Resume dan mencetak Bukti Pendaftaran.

5. Pendaftar menerima konfirmasi hasil verifikasi administrasi di portal SSCASN.

6. Setelah Calon Mahasiswa nyatakan lulus verifikasi administrasi, pendaftar mengakses portal SPMB Politeknik Statistika STIS (https://spmb.stis.ac.id) dan login menggunakan NIK dan password sesuai dengan portal SSCASN.

7. Pendaftar melengkapi data/dokumen yang kampus perlukan, serta memverifikasi email untuk mendapatkan Kode Pembayaran.

8. Pendaftar membayar biaya seleksi dengan menggunakan Kode Pembayaran melalui Bank BRI sebelum batas waktu pembayaran yang sudah pemerintah tetapkan.

9. Setelah melakukan pembayaran, pendaftar kembali login ke portal SPMB Politeknik Statistika STIS untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk (KTPUM).

10. Pendaftar kemudian mengikuti petunjuk yang tercetak pada KTPUM tersebut.

11. Waktu dan lokasi tes akan pemerintah umumkan melalui portal SPMB Politeknik Statistika STIS.

Untuk syarat dan informasi lengkap seputar pendaftaran, calon mahasiswa dapat mengakses laman https://spmb.stis.ac.id/site/pendaftaranId 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *