Suka Manis? Ini Manfaat Mengonsumsi Makanan Manis!

oleh -29 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hayo di sini siapa yang sangat suka makan makanan manis? Misalnya es krim, cokelat, atau gulali. Selama ini banyak yang menganggap makanan manis ini tidak baik karena bisa merusak gigi, menyebabkan diabetes, ataupun obesitas. Memang itu tak sepenuhnya salah, namun ternyata ada manfaatnya juga lho makanan manis ini. Kira-kira apa saja ya manfaat mengonsumsi makanan manis? Yuk mari kita bahas jangan sampai terlewat. (tika)

1. Menaikkan mood

Ternyata mengonsumsi makanan manis bisa menaikkan atau memperbaiki mood kita lho. Pernahkah kamu saat sedang bad mood kamu mengonsumsi cokelat dan menjadi lebih baik? Nah ternyata ada sebuah studi yang mengungkapkan bahwa ada perubahan kimiawi di otak setelah seseorang mengonsumsi makanan manis. Selain itu, makanan manis juga dapat meningkatkan produksi hormon dopamine. Sehingga tidak heran apabila saat kamu sedang bad mood menjadi senang ketika makan es krim atau coklat.

2. Sebagai sumber energi

Rasa manis biasanya diperoleh dari karbohidrat sederhana yang terdapat dari buah-buahan, gula jawa, gula pasir, dan yang lainnya. Nah makanan manis bisa menjadi sumber energi. Hal ini karena karbohidrat akan berubah menjadi glukosa yang akan mengalir melalui aliran darah ke sel-sel tubuh dan menjadi energi walaupun tidak semua berubah menjadi energi. Ada juga yang menjadi cadangan energi yang akan kita gunakan ketika akan membutuhkan energi.

3. Mengontrol berat badan

Banyak orang menganggap apabila ingin mengurangi berat badan maka harus stop semua makan makanan manis. Melansir dari website frisianflag, ternyata ada sebuah studi yang mengungkapkan bahwa orang yang melakukan program diet namun tetap mengonsumsi makanan manis lebih mudah untuk menurunkan berat badan ketimbang orang yang tidak makan makanan manis. Hal ini dikarenakan tubuh akan merespons sejumlah kecil makanan manis yang memuaskan hasrat dengan memuaskan selera seseorang.

4. Meningkatkan kinerja otak

Glukosa menjadi bahan bakar dalam kemampuan kita untuk berpikir. Sebuah studi mengatakan bahwa dalam sehari otak dalam bekerja dapat menggunakan asupan glukosa sebanyak 400 kalori. Ketika kita mengonsumsi makanan atau minuman manis dapat meningkatkan proses berpikir, konsentrasi dan juga daya ingat. Menurut National Eating Disorders Association, hal tersebut merupakan salah satu alasan mengapa diet yang tidak benar meningkatkan resiko kelesuan dan hilangnya konsentrasi, serta tidak stabilnya mood seseorang.

Nah itulah manfaat mengonsumsi makanan manis. Namun, jangan mengonsumsi berlebihan ya, sesuai porsi dan kebutuhan tubuhmu saja.

Baca juga:

Jenis Makanan Pencegah Kanker yang Perlu Kamu Ketahui!

Ini Manfaat Thai Tea Untuk Kesehatan

Ini Bahaya Kalau Kamu Kurang Minum Air!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *