Syarat Masuk PKN STAN dan Kuota yang Dibutuhkan

oleh -75 views
Foto : Gedung Depan PKN STAN

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pendaftaran Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN resmi dibuka oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Calon pelamar bisa melakukan pendaftaran PKN STAN 2021/2022 di alamat http://pknstan.ac.id. Berikut adalah syarat masuk PKN STAN dan Kuota yang Dibutuhkan!

Adapun, Kampus PKN STAN berada di Bintaro, Tangerang Selatan. PKN STAN sendiri merupakan sekolah ikatan dinas di bawah Kementerian Keuangan sehingga lulus dari sekolah ini bisa langsung menjadi CPNS.

Hal ini dikatakan oleh Plt Direktur PKN STAN Bambang Juli Istanto. Menurutnya, tes yang dilaksanakan guna mendapatkan lulusan terbaik sebagai CPNS.

“Kita tarik dari LTMPT (nilai TPS dari UTBK) secepatnya. Jadi sehari setelah pengumuman UTBK bisa mengumumkan ke tahapan berikut SKD. Lalu, (tes) fisik ada, jadi hampir sama kita juga harus memastikan yang jadi mahasiswa dan calon CPNS ada kesehatan kan, jadi ada, psikotes itu tahapan setelah SKD. Terakhir, ada wawancara,” terangnya, Kamis (8/4/2021).

Syarat Masuk PKN STAN dikutip dari Surat Pengumuman Nomor Peng-40/PKN/2021:

1. Syarat Pendaftaran

  • Persyaratan lulusan :

a. Program Reguler: lulusan (tahun 2020 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2021) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat; atau

b. Program Afirmasi: calon lulusan tahun 2021 semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.

  • Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi peserta :

a. lulusan tahun 2020 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau

b. calon lulusan tahun 2021, memiliki rata-rata nilai rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00

Lihat Juga : Ingin Dapat Tunjangan Kuliah Rp 36 Juta Per Tahun? Ini Syaratnya!

  • Usia maksimal PKN STAN pada tanggal 1 September 2021 adalah 21 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 2000 tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal 1 September 2021 adalah 15 tahun.
  • Telah terdaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Tahun 2021.
  • Memiliki nilai minimal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK sebesar 600 untuk peserta program reguler atau 400 untuk peserta program afirmasi.
  • Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).
  • Bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.
  • Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 (satu) pasang (telinga kiri dan kanan).
  • Belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan.
  • Peserta tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya
  • Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:

a. telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur;

b. memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur; dan

c. mendapat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan 2 (dua) usulan terbaik.

2. Jurusan PKN STAN dan Kuota

-DIV Akuntansi Sektor Publik dengan kuota 64 orang
-Diploma IV Manajemen Keuangan Negara dengan kuota 159 orang
-Diploma IV Manajemen Aset Publik dengan kuota 52 orang

3. Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran SPMB STAN dipatok sebesar Rp 350 ribu per orang. Pengenaan biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar sebesar Rp 50 ribu sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku padaBadan Kepegawaian Negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *