,

Ternyata ini Nama Indonesia Sebelum Menjadi Indonesia Part I

oleh -61 views
Nama Indonesia Sebelum Menjadi Indonesia

ZETIZEN RADAR CIREBON- Tahukah kamu jika sebelum Indonesia merdeka, nama negara kita bukanlah Indonesia. Sebelum merdeka Indonesia memiliki cukup banyak nama yang beragam. Oleh karena itu, kali ini mimin akan memberikan daftar seputar nama Indonesia sebelum menjadi Indonesia. (fb)

Baca juga: Bagikan Hadiah Menarik, Event Stargazer Telah Hadir di Wild Rift

Hindia

Nama Indonesia sebelum menjadi Indonesia yang pertama adalah Hindia. Penamaan Hindia sendiri berasal dari seorang sejarawan Yunani Kuno yakni Herodotus pada penghujung abad ke-15 ketika Vasco da Gama menemukan gugusan kepulauan.

Sedangkan untuk alasan Herodotus memberikan nama Hindia ke Indonesia adalah letak dari negara Indonesia yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Nederlandsch Oost-Indie

Pada abad ke-18, nama Indonesia pun kembali berubah yakni Nederlandsch Oost-Indie atau Nederlansch Indie. Arti dari nama Nederlandsch Oost-Indie sendiri yakni wilayah jajahan Belanda.

Tidak hanya Belanda, seluruh orang Eropa pun memanggil Indonesia dengan Nederlandsch Oost-Indie selama 350 tahun lamanya.

Insulinde

Setelah selesai dengan nama Nederlandsch Oost-Indie, Indonesia pun kembali berubah namanya. Perubahan nama Indonesia pun dicetuskan oleh Eduard Douwes Dekker dari Nederlandsch Oost-Indie jadi Insulinde.

Arti dari Insulinde sendiri berasal dari perkataan ‘Insulair’, ‘Insula’ dan ‘Indus’ yang dalam bahasa latin berarti pulau. Sedangkan untuk alasan ia mengganti nama Indonesia adalah ia merasa jijik dengan penamaan Nederlandsch Oost-Indie.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *