,

Ternyata ini Nama Indonesia Sebelum Menjadi Indonesia Part II

oleh -33 views
Nama Indonesia Sebelum Menjadi Indonesia

ZETIZEN RADAR CIREBON- Tahukah kamu jika sebelum Indonesia merdeka, nama negara kita bukanlah Indonesia. Sebelum merdeka Indonesia memiliki cukup banyak nama yang beragam. Oleh karena itu, kali ini mimin akan memberikan daftar seputar nama Indonesia sebelum menjadi Indonesia. (fb)

Baca part sebelumnya di sini

The Malay Archipelago

Nama Indonesia sebelum menjadi Indonesia selanjutnya adalah The Malay Archipelago. Penamaan nama The Malay Archipelago sendiri berasal dari seorang penjelajah sekaligus ilmuwan asal Britania Raya Alfred Russel Wallace.

Tidak hanya Indonesia, ternyata penamaan The Malay Archipelago merupakan kawasan Malaysia, Singapura dan Kepulauan Indonesia. Ia memberikan nama tersebut pada pertengahan abad ke-18 yang mempunyai arti pulau-pulau Melayu yang menguasai lautan. 

Zamrud Khatulistiwa

Tidak hanya Insulinde, ternyata Eduard Douwes Dekke pun menyebut nama Indonesia sebagai Zamrud Khatulistiwa. Hal tersebut pun berdasarkan salah satu suratnya yang ia tulis pada abad ke-19.

Sedangkan untuk arti dari Zamrud Khatulistiwa adalah letak Indonesia yang dilintasi oleh garis Khatulistiwa. Sedangkan untuk Zamrud, jika Indonesia dilihat dari luar angkasa, kepulauan Indonesia akan menyejukan mata karena berwarna hijau layaknya batu Zamrud.

Nusantara

Dari nama Indonesia sebelumnya yang sudah mimin sebutkan, pastinya nama ini yang paling populer di mata kebanyakan orang. Jika sebelumnya penamaan Indonesia berasal dari orang luar, kali ini nama Indonesia yakni Nusantara berasal dari pemberian orang pribumi.

Penamaan Nusantara sendiri berasal dari bahasa Sansakerja yakni Nusa berarti pulau dan Antara berarti luar. Penamaan Nusantara sendiri ternyata sudah ada sebelum ada nama-nama yang sudah mimin sebutkan sebelumnya yakni pada abad ke-12.

Namun pada abad ke-20, penamaan Nusantara kembali dihidupkan oleh seorang aktivis dan juga seorang bapak pendidikan Nasional yakni Ki Hadjar Dewantara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *