,

Ternyata Tempat ini merupakan Tempat Bekas Uji Coba Nuklir Part II

oleh -313 views
tempat bekas uji coba nuklir

ZETIZEN RADAR CIREBON- Seperti yang kita ketahui, senjata nuklir merupakan salah satu simbol kekuatan dari suatu negara. Sebelum menjadi sebuah senjata, pastinya nuklir akan diuji coba terlebih dahulu disebuah tempat. Namun, apakah kamu mengetahui di mana saja letak uji coba nuklir tersebut? So untuk mengetahuinya, kali ini mimin akan memberikan daftar sepuatar tempat bekas uji coba nuklir. (fb)

Baca part sebelumnya di sini

Gurun Nevada

Serem! 7 Tempat Bekas Uji Coba Nuklir ini Sampai Sekarang Masih Tercemar  dan Mematikan - Boombastis.com | Portal Berita Unik | Viral | Aneh Terbaru  Indonesia
Source by Boombastis.com

Jika pada sebelumnya tempat bekas uji coba nuklir berada di wilayah perairan, kali ini kita berpindah ke wilayah daratan. Gurun Nevada menjadi tempat yang paling sering menjadi lokasi uji coba nuklir.

Sebanyak 928 nuklir mereka jatuhkan di tempat ini oleh Amerika pada tahun 1951 hingga 1992. Bahkan saking berbahayanya tempat ini, pada tahun 2009, situs pengujian nuklir di Nevada resmi menjadi tempat yang paling terkontaminasi radioaktif kedua di planet ini setelah Chernobyl.

Semipalatinsk

Semipalatinsk Nuclear Test Site - The Wandering Scot
Source by The Wandering Scot

Dari Nevada kita berpindah ke Kazakhtan karena di sana juga terdapat sebuah tempat yang sempat menjadi lokasi uji coba nuklir oleh Uni Soviet. Uni Soviet menggunakan tempat ini menjadi lokasi uji coba nuklir pada tahun 1948 hingga 1981.

Tercatat, setidaknya ada 465 buah nuklir mereka ledakan di tempat ini selama masa operasinya. Sejak Stalin gugur dan Uni Soviet jadi Rusia, tempat ini sudah tidak menjadi lokasi uji coba nuklir. Namun walaupun begitu, setidaknya 220.000 penduduk setempat menderita penyakit kanker.

Novaya Zemlya

Billion ruble profits and hundreds of new jobs at Novaya Zemlya┬╗ | The  Independent Barents Observer
Source by Barent Observer

Tidak hanya Semipalatinsk, ternyata Uni Soviet pun menggunakan Novaya Zemlya untuk menjadi tempat uji coba nuklirnya. Novaya Zemlya merupakan sebuah pulau terpencil di bawah lingkar kutub utara.

Setidaknya sebanyak 224 nuklir mereka ledakan di tempat ini sejak tahun 1954 hingga 1990. Sebelum mereka menguji coba nuklirnya di sana, para penduduk setempat diungsikan dari tempat tersebut. Namun setelah selesai, Rusia melarang untuk para penduduk kembali ke kampung halamannya karena kesehatan menjadi prioritas utamanya.

Lop Nur

Lop Nur - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Source by Wikipedia

Selanjutnya ada Lop Nur yang juga merupakan sebuah tempat uji coba nuklir yang dilakukan oleh China pada tahun 1960-an. Lop Nur merupakan sebuah bekas danau air asin yang kini sudah kering.

Tercatat, setidaknya ada 44 tes yang China lakukan untuk menguji coba nuklirnya di sini. China melakukan tes nuklir ini secara diam-diam agar tidak membuat dunia mengamati gerak-gerik mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.