Tips Cara Mengatasi Laptop yang Lemot Dengan Mudah! (Part 2)

oleh -98 views
Laptop Lemot

ZETIZEN RADAR CIREBON РDi era serba digital saat ini, laptop adalah sebuah perangkat penting yang digunakan oleh seseorang untuk melakukan pekerjaaan mereka. Sehingga kinerja laptop yang handal dibutuhkan agar dapat menunjang semua pekerjaan yang bisa dilakukan menggunakan laptop menjadi lebih nyaman dan efisien. (mrg)

Namun, hal itu tidak akan terjadi apabila laptop milikmu tiba-tiba memiliki performa yang buruk, sehingga menyebabkan semua pekerjaan menjadi terganggu. Sehingga, disini kami akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi laptop lemot dengan mudah.

Tips yang kami berikan adalah sesuatu yang telah kami lakukan ujicoba terlebih dahulu dan menurut kami bekerja dengan baik. Tips ini bagi kamu yang menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows ya, karena untuk Mac akan sedikit berbeda.

Baca juga : Tips Cara Mengatasi Laptop yang Lemot Dengan Mudah! (Part 1)

Gunakan Operating System dan Aplikasi Original

Perlu kalian ketahui, cara mengatasi laptop lemot yang kedua adalah kamu harus menggunakan aplikasi dan sistem operasi yang original alias asli berlinsensi dari pengembangnya. Karena dengan menggunakan sistem operasi dan aplikasi yang asli, kamu akan mendapatkan jaminan dari celah-celah keamanan yang ada pada sistem melalui update yang mereka berikan.

Selain itu, perlu kamu ketahui jika jika aplikasi crack atau bajakan biasanya tertanam sebuah virus yang disematkan oleh para peretas yang dapat mengancam data milikmu. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Ganti HDD ke SSD

Apabila laptop milikmu masih menggunakan memori penyimpanan, tidak ada salahnya jika kamu memiliki opsi untuk menggunakan SSD. Mengganti memori penyimpanan dari HDD ke SSD akan memberikan kamu peningkatan kecepatan proses dalam loading suatu aplikasi. Sehingga kamu akan merasakan peningkatan yang cukup signifikan, bahkan bisa 3x lebih cepat dibandingkan dengan hardisk.

Namun, sebelum membeli SSD, kamu harus memastikan beberapa hal seperti garansi, merk dan jenis barang yang dijual. Saat ini banyak beredar SSD non ori alias KW dimana para pedagang nakal bisa saja menjual barang tidak asli. SSD tidak asli sangatlah bahaya, sebab bisa saja ketika digunakan SSD akan berhenti bekerja dan rusak dalam usia yang tidak lama.

Tambah Kapasitas RAM

RAM(Random Acces Memory) adalah sebuah perangkat keras komputer yang berpengaruh kepada kinerja laptop milikmu. Apabila kamu memiliki laptop dengan RAM yang seadanya kamu pasti akan merasakan performa laptop milikmu menurun. Terlebih jika itu adalah laptop yang telah berumur.

Hal ini terjadi karena dengan adanya pembaharuan sistem dan aplikasi, semakin lama akan menjadi beban bagi RAM. Selain itu, hal ini juga akan berpengaruh terlebih jika kamu masih menggunakan memori penyimpanan berjenis Hardisk. Sehingga, kami menyarankan agar kamu menambah kapasitas RAM untuk mengatasi laptop yang lemot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.