Tips Meditasi Bagi Pemula

oleh -461 views
source: popsugar.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tentunya kamu sudah tahu apa itu meditasi. Meditasi adalah mektaih fokus pada pikiran agar memiliki perasaan tenang dan pikiran yang jernih. Meditasi banyak manfaatnya salah satunya adalah untuk menenangkan pikiran dari rasa cemas dan juga untuk meredakan stres. Untuk kamu yang masih pemula dan belum terlalu paham caranya. Mari simak pembahasan tentang tips meditasi bagi pemula. (tika)

1. Mulai selama 2 menit

Ada orang-orang yang sudah sering bermeditasi bisa melakukannya sampai berjam-jam. Namun, jangan khawatir, untuk para pemula bisa mulai meditasi selama 2 menit. Jangan terlalu memikirkan berapa durasi yang tepat dan lama yang harus kamu tempuh. Tetapi, kamu harus konsisten terhadap apa yang telah kamu mulai. Setelah kamu konsisten, kamu bisa meningkatkan durasinya sedikit demi sedikit.

2. Hitung napas dalam hati

Agar memudahkanmu ppikiran untuk tetap fokus selama meditasi, cobalah untuk menghitung napasmu dalam hati. Saat menarik napas kamu hitung ‘satu’, kemudian ‘dua’ saat menghembuskan napas. Waktunya bebas kamu yang tentukan. Lakukan secara berulang. Jika pikiranmu kembali tidak fokus, kamu bisa mulai berhitung kembali dalam hati. Jangan terlalu khawatir apabila kamu sulit untuk fokus, hal ini wajar dan lama-lama akan terbiasa.

3. Cari tempat yang kondusif

Jangan lupa untuk mencari tempat yang kondusif dan nyaman agar kamu bisa fokus saat bermeditasi. Pastikan berada di ruangan yang bisa membuatmu rileks dan berkonsentrasi. Kamu juga bisa menyalakan lilin aromaterapi agar lebih rileks. Boleh juga untuk menggunakan bantal untuk duduk di lantai, pastikan dudukmu tetap tegak dan tidak membungkuk ya.

4. Santai

Jangan terlalu memikirkan teknik yang benar atau terlalu memusingkan tekniknya. Yang terpenting tubuhmu rileks terlebih dahulu. Tutuplah kedua mata dan ambil napas lewat hidung dan hembuskan perlahan. Cobalah untuk merasakan energi positif masuk ke dalam tubuhdan ketika kamu membuang napas bayangkan semua stres dan pikiran pikiran yang mengganggu ikut terbuang.

5. Mengatur napas

Kunci dalam meditasi salah satunya adalah bernapas dengan benar. Dalam meditasi kundalini, pengendalian napas disebut dengan pranayam. Pranayam ini akan memengaruhi konsentrasi, suasana hati, dan pelepasan energi. Selain mengatur napas, kamu jangan lupa untuk mengatur pola hitungan detik, pastikan tarikan dan buangan napas dalam waktu yang konsisten.

Itu sedikit tips meditasi bagi pemula yang bisa kamu coba. Tertarik mencobanya?

Baca juga:

Keuntungan Menjadi Morning Person, Sudah Coba?

Jenis-Jenis Kronotipe, Kamu yang Mana?

Tips Tampil Percaya Diri di Depan Umum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.