Xenodermus Javanicus, Naga Penghuni Pulau Jawa

oleh -60 views
Xenodermus Javanicus

ZETIZEN RADAR CIREBON- Tahu nggak sih sob kalo misalnya negara kita Indonesia, mempunyai seekor naga yang menghuni pulau Jawa? Namun, naga yang mimin maksud bukanlah hewan bertubuh besar yang memiliki sayap dan dapat menyemburkan api ya sob. Hewan yang mimin maksud adalah Xenodermus Javanicus atau yang bisa orang sebut dengen ular naga.

Dari nama latinnya saja kita sudah tau jika hewan ini hidup di pulau jawa. Namun walaupun begitu, Xenodermus Javanicus juga ternyata dapat kamu temukan di Semenanjung Malaysia, Sumatera, Kalimantan, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Hewan ini merupakan satu-satunya ular dari genus Xenodermus. Selain itu, ular ini bukanlah tergolong kedalam ular yang berbisa. Namun walaupun begitu, sangat tidak disarankan bagi para pemula untuk memelihara ular jenis ini.

Pasalnya, membutuhkan pengalaman yang mumpuni untuk dapat memelihara salah satu dari ular naga tersebut. Selain itum ular naga ini sendiri pun belum banyak orang kembangkan dari sebuah penangkaran. Kebanyakan penjual yang menjual ular ini, mendapatkannya langsung dari alam bukan dari sebuah penangkaran. Maka dari itu, jangan coba-coba untuk memelihara hewan ini jika kamu tidak memilki pengalaman yang mumpuni.

Selain itu, karakter dari ular naga cenderung pasif dan akan mudah untuk stres yang akan mengakibatkan suhu dari ular tersebut berubah yang akan menyebabkan dehidrasi hingga kematian jika diambil langsung dari habitatnya.

Karakteristik

Dragon Snake: Care, Size, Temperament & Breeding - AZ Reptiles
Source by AZ Reptiles

Pastinya kamu bertanya-tanya, mengapa ular ini mendapatkan nama ular naga. Nah, jawabannya terletak pada bagian kulitnya sob. Ular ini mempunyai struktur kulit yang berbeda dengan ular pada umumnya. Kulit dari ular ini lebih kasar dari pada ular lainnya dan lebih mirip dengan biawak.

Selain itu, pada bagian dorsal atau punggung ular ini terdapat sebuah barisan sisik atau duri berjajar rapih sepanjang tubuhnya yang disebut tonjolan hemipenial. Sedangkan untuk ukurannya sendiri, ular naga mempunyai panjang sekitar 50 cm dengan ukuran betina yang lebih besar dari pada jantan.

Habitat

drgaon-snake-or-Xenodermus-javanicus-in-their-natural-habitat -
Source by 2iL.org

Habitat dari ular naga ini sendiri yakni pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut dengan kondisi lingkungan yang lembab sob dan juga berdekatan dengan sungai ataupun aliran air. Karena habitatnya yang dekat dengan sumber air, membuat ular naga sebagai ular semi akuatik.

Baca artikel lainnya mengenai Kapal Selam Paling Mematikan di Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.