10 Peraturan Aneh Pada Zaman Romawi (Part 1)

oleh -122 views
10 Peraturan Aneh Pada Zaman Romawi

ZETIZEN RADAR CIREBON – Halo sobat semua! Kita bertemu lagi. Yah, kali ini kita akan membahas sesuatu yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Pada zamannya, Romawi menjadi panutan peradaban dunia. Romawi terkenal dengan kekaisarannya yang kuat, nilai-nilai dan normanya. Tapi, sobat semua tahu nggak, sih? Dibalik kejayaannya, Romawi kuno memiliki beberapa peraturan aneh bahkan nggak masuk akal yang bisa bikin kalian geleng-geleng kepala?

Yaps! Kali ini kita bakalan kupas tuntas 10 peraturan aneh pada zaman Romawi kuno, yang saking anehnya bisa membuat kalian bersyukur hidup di zaman modern ini. Penasaran kan? Ayo kita bahas! (rsn)

1. Melarang Kaum Wanita Menangis di Pemakaman

Peraturan aneh pada zaman Romawi yang pertama adalah melarang wanita menangis di pemakaman. Pada zaman Romawi kuno, kalau banyak orang yang menangis di pemakaman itu adalah pertanda bahwa orang yang meninggal adalah orang yang populer. Sehingga banyak orang yang menyewa orang lain untuk menangis di pemakaman yang bertujuan agar anggota keluarga yang meninggal terlihat populer.

Beberapa wanita dibayar untuk berjalan bersama arak-arakan sambil menangis meraung-raung. Sayangnya hal ini semakin menjadi-jadi dan membuat upacara pemakaman yang harusnya berjalan dengan khidmat menjadi sangat berisik. Oleh karena itu, pemerintah mengeluarkan peraturan yang bermaksud melarang kaum wanita menangis di pemakaman.

2. Pemidanaan Warna Ungu

Wah, siapa nih yang suka warna ungu? Beruntunglah kalian bisa menggunakan pakaian warna ungu di zaman modern ini. Pada zaman Romawi, nggak semua orang bisa menggunakan warna ungu. Kenapa? Karena warna ungu dianggap paling mulia dan paling agung, juga sangat langka.

Pemidanaan warna ungu ini terjadi karena untuk menghasilkan pigmen warna ungu yang cukup untuk mewarnai sebuah baju, seseorang harus membunuh sekitar 10 ribu moluska atau siput laut. Baju berwarna ungu dihargai melebihi emas. Oleh karena itu, warna ungu hanya dipakai oleh anggota kekaisaran atau para bangsawan.

3. Memasukkan Penjahat Ke Dalam Karung Yang Berisi Binatang

Jika seseorang melakukan kejahatan tingkat tinggi, seperti seorang anak membunuh ayahnya. Maka hukumannya yaitu pelaku akan ditutup matanya dan diseret ke lapangan di luar kota, lalu ditelanjangi, dan dipukuli beramai-ramai. Ketika dia sudah tidak berdaya, dia akan dimasukkan ke dalam karung yang diisi seekor ular, seekor monyet, seekor anjing, dan seekor ayam jantan. Karung itu kemudian dijahit dan dibuang ke laut.

4. Ayah Boleh Membunuh Selingkuhan Putrinya

Jadi guys, kalau seorang pria mendapati istrinya selingkuh, maka dia boleh mengurung istri dan selingkuhannya. Setelah mengurung mereka, suami akan menyebarkan berita ini ke semua orang sebanyak-banyaknya dan menjadikan istri dan selingkuhannya sebagai tontonan. Suami memiliki waktu 3 hari untuk membuat pernyataan rinci yang menjelaskan tempat dia memergoki istrinya.

Suami juga wajib menceraikan istrinya atau dia bisa dituduh menjadi mucikari. Sang suami boleh membunuh selingkuhan istrinya apabila selingkuhan istrinya adalah seorang budak atau PSK. Tapi, jika selingkuhan istrinya adalah warga negara Romawi, ayah dari pihak istrinya lah yang berhak membunuhnya secara legal. Sebaliknya, jika seorang wanita memergoki suaminya berselingkuh, istri hanya diperbolehkan untuk menangis. Wah, bagaimana menurut kalian, guys?

5. PSK Harus Mewarnai Rambutnya Dengan Warna Pirang

Pada zaman Romawi, rambut berwarna pirang hanya dimiliki oleh kaum bar-bar seperti bangsa Galia. Pelacuran dilarang karena mengaitkan kehormatan wanita Romawi. Jadi, para PSK harus mewarnai rambutnya dengan warna pirang agar terlihat seperti kaum bar-bar. Namun, para wanita Romawi justru cemburu melihat keindahan rambut para PSK. Akhirnya mereka ikut mewarnai rambutnya dengan warna pirang. Dengan demikian, aturan ini tidak terlalu berhasil.

Baca juga : Kedai Makanan Peninggalan Romawi ditemukan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.