10 Score Film Terbaik Oleh Hans Zimmer, Part 1

oleh -85 views
Source: Decoded Magazine

ZETIZEN RADAR CIREBON – Nama Hans Zimmer tentunya tidak asing bagi yang mengikuti perkembangan film Hollywood, terutama pada bagian score film. Bakat kreatif yang di miliki Hans Zimmer dalam menggabungkan musik elektronik dengan orkestra telah menarik perhatian banyak pembuat film terbaik dunia. Berikut adalah 10 score film terbaik oleh Hans Zimmer. (Zhorif)

Gladiator

Source: Decca

Gladiator adalah salah satu film yang sukses mempopulerkan nama Hans Zimmer. Film tersebut adalah salah satu contoh terbaik dari style musiknya yang unik. Namun ia tidak sendirian, musik ikonik dari film Gladiator adalah hasil kerja tim dan sejumlah musisi yang mengeluarkan yang terbaik dari satu sama lain. Gladiator sendiri adalah mahakarya, akan tetapi dalam banyak hal, score film yang mendefinisikan era dari Hans Zimmer, Lisa Gerrard, dan Klaus Badelt lah yang memiliki dampak terpanjang.

Baca juga: Hans Zimmer, Musisi yang Karyanya Dapat Membuat Film Apapun Menjadi Ikonik

Pirates of the Caribbean Trilogy

Source: Walt Disney

He’s a Pirate, musik tema bajak laut yang paling ikonik tersebut merupakan karya dari Hans Zimmer dan Klaus Badelt. Selain itu, score film untuk ketiga trilogi pertama film Pirates of the Caribbean juga merupakan penghormatan kepada Ennio Morricone, musisi yang menginspirasi Hans Zimmer untuk terjun ke dunia musik. Salah satu musik yang paling mencolok ialah Parlay, yang merupakan tribute untuk musik Man with a Harmonica dari Ennio Morricone. Bahkan Gore Verbinski, sutradara dari film tersebut merupakan pemain gitar elektronik dalam musik tersebut.

The Dark Knight Trilogy

Source: Warner Bros.

Kecemerlangan dalam komposisi, begitulah yang menggambarkan Hans Zimmer dan James Newton Howard dalam karyanya di trilogi The Dark Knight. Motif utama Batman hanya terdiri dari 2 nada saja yang di mainkan oleh horn dan senar. Mencerminkan rasa sakit dan rasa bersalah Bruce Wayne alias Batman. Sedangkan motif utama Joker juga terdiri dari 2 nada. Namun uniknya, Zimmer menginginkan violinists dan cellists-nya untuk menggunakan silet sebagai gantinya busur. Hal tersebut bertujuan untuk menggambarkan kegilaan, kekejaman, dan intensitas Joker.

Inception

Source: Reprise

Fokus utama dari film Christopher Nolan berjudul Inception melibatkan mimpi dan bagaimana waktu melambat di dalamnya. Terlebih lagi jika bermimpi di dalam mimpi, alhasil menciptakan tingkatan mimpi. Sehingga waktu berjalan lebih lambat lagi. Hans Zimmer juga menggunakan konsep tersebut untuk score filmnya. Dengan mengambil sebagian cuplikan musik pada satu tingkat mimpi dan mengulanginya di tingkat lain dengan tempo yang lebih lambat. Menghasilkan score film yang menakjubkan untuk film yang menakjubkan.

Baca juga: Hayami Saori, Voice Actress Bersuara Halus Dengan Bakat yang Luar Biasa

Interstellar

Source: WaterTower

Dalam film yang juga di sutradarai oleh Christopher Nolan, Hans Zimmer menciptakan score film yang mencerminkan Interstellar yang tidak dapat di prediksi. Di film ini, Hans Zimmer dan Roger Sayer menggunakan alat musik yang sebelumnya jarang di gunakan untuk space opera, yakni pipe organ. Alat musik tersebut, di kombinasikan dengan choir atau paduan suara berhasil menciptakan suara yang sangat indah untuk mengekspresikan emosi yang di tampilkan karakter-karakter film tersebut.

Part 2 dapat di baca disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.