Amtrak, 50 Tahun Bertahan Sebagai Kereta Penumpang Amerika Serikat

oleh -49 views
Source: RR Picture Archives (John Fleming)

ZETIZEN RADAR CIREBON – Amtrak baru saja merayakan hari jadinya yang ke 50. Perusahaan kereta api yang saat ini merupakan satu-satunya yang masih menjalankan rute jarak jauh dengan pelayanan mewah dan nyaman ini telah melewati puluhan dekade penuh perjuangan. (Zhorif)

Source: Amtrak

Perusahaan kereta api khusus penumpang yang sebelumnya bernama National Railroad Passenger Corporation memulai perjalanan perdananya pada 1 Mei 1971. Perusahaan kereta api tersebut di bentuk oleh Congressional Rail Passenger Service Act, di mana pemerintah menggabungkan 20 jalur kereta api penumpang yang ada di Amerika Serikat menjadi satu dalam nama Amtrak.

Baca juga: Union Pacific, Sejarah Perusahaan Kereta Api yang Membangun Amerika

Source: Stanley Short

Amtrak pun sukses menarik perhatian warga Amerika. Perjalanan yang nyaman dengan pemandangan yang indah dan hanya dapat di jangkau dengan kereta tentunya membuat banyak orang lebih memilih kereta api di bandingkan moda transportasi lain. Kelas Roomette dan Bedroom juga dapat di pilih bagi mereka yang ingin rebahan selama perjalanan. Namun, masa kejayaannya tersebut tidak bertahan lama, karena ancaman baru yang datang dan mengancam masa-masa kereta penumpang.

Source: Brian McGloin

Ketika pesawat komersil menawarkan perjalanan yang lebih cepat namun relatif lebih murah, Amtrak perlahan mulai kehilangan pelanggan. Selain itu, perusahaan kereta api tersebut juga di tekan oleh kongres, pihak elite pesawat komersil, dan pihak elite perminyakan sekaligus. Sehingga membuatnya merugi besar seiring waktu dan terancam bangkrut.

Baca juga: Midnight Sun, Fenomena Matahari yang Bersinar di Malam Hari

Source: Amtrak

Walaupun begitu, momen berjayanya perusahaan kereta api ini kemungkinan besar akan kembali. Joe Biden, Presiden Amerika Serikat yang memiliki julukan “Amtrak Joe” akan menginvestasikan $80 miliar untuk jaringan kereta tersebut. “Amtrak tidak hanya membawa kita dari satu tempat ke tempat lainnya, namun juga membuka peluang besar dan akan memungkinkan untuk membangun ekonomi yang kita butuhkan,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.