Anyelir, Tanaman Hias Penuh Warna

oleh -121 views

Bunga anyelir atau mungkin pernah kamu dengar sebagai bunga Carnation adalah tanaman hias cantik yang memiliki bunga berwarna-warni.

Tanaman ini berasal dari wilayah Mediterania yang membutuhkan kelembaban, pengairan yang baik dan sinar matahari penuh untuk bisa tumbuh dengan sempurna.

Tanaman yang satu ini termasuk ke dalam spesies tanaman bunga yang bernama plantarum. Nama latin dari bunga yang satu ini adalah Dianthus Caryophyllus. Kata ini berasal dari kata, Dios dan Anthos. Dios berarti dewa, sedangkan anthos berarti bunga. Secara sekilas saja kita mengerti apa maksud dan arti tanaman ini.

Bunga ini terdiri dari beberapa jenis, yang akan terkualifikasi berdasarkan warna atau motifnya. Di antara jenis bunga tersebut adalah warna putih, merah, pink, ungu, kuning, dan bermotif garis-garis.  

Ciri-ciri Bunga Anyelir atau Carnation

Carnation merupakan bunga yang pohonnya bisa tumbuh hingga mencapai 80 cm sampai 1 meter. Bunga ini termasuk ke dalam jenis bunga hermafrodit. Hermafrodit adalah bunga ini memiliki dua organ kelamin, yaitu ada kelamin jantan dan betina.

Baca Juga: Fakta Unik Neelakurinji, Mekar 12 Tahun Sekali!

Keuntungan dari memiliki 2 alat kelamin, bunga ini dapat melakukan penyerbukan sendiri. Bentuknya yang simetri radial dengan 4 hingga 6 bunganya mengelilingi daun kelopak, dengan ujung yang hanya seperempat di sepanjang tabung kelopak dan berbentuk telur.

Bunga-bunga ini dapat tumbuh secara tunggal atau bersamaan dalam satu cyme. Dengan diameter 3 sampai 5 meter. Adapun warna bunga anyelir yang asli adalah merah muda terang, keunguan, merah, putih, hijau, dan kuning.

Sedangkan daunnya berwarna hijau keabu-abuan dengan glaucous ke biru-hijau dan ramping dengan panjang daun mencapai 15 cm.

Source: Three Bouquets

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *