Asal Mula Mitologi Yunani (Part 1)

oleh -141 views
Asal Mula Mitologi Yunani

ZETIZEN RADAR CIREBON – Seperti yang kita tahu Mitologi Yunani adalah mitologi yang terkenal di dunia, entah tentang dewa-dewi nya atau kisah-kisah heroik mereka. Tapi, kalian tahu nggak, sih? Ternyata asal mula mitologi Yunani terbagi menjadi 3 generasi, lho. Generasi pertama yaitu The Primordials, generasi kedua yaitu The Titans, dan generasi ketiga yaitu The Olympians.

Kira-kira kalian sudah tahu tentang ketiga generasi di atas belum, nih? Kalau belum, jangan khawatir! Karena kita bakalan kupas tuntas dari akarnya. (rsn)

The Primordials

Jadi guys, asal mula mitologi Yunani itu dimulai pertama kali saat di dunia ini nggak ada apa-apa atau void. Oh iya! The Primordials ini kesannya lebih simbolis. Yang muncul pertama kali adalah Chaos (kekacauan). Dari Chaos muncullah Gaea yang merupakan mother of earth, sedangkan di bawah bumi ada Tartarus atau jurang neraka. Anyway, banyak yang keliru tentang Tartarus dan Underworld (dunia bawah). Underworld merupakan dunia orang mati, sedangakan Tartarus merupakan tempat monster-monster ganas dan terkadang dewa sekalipun bisa dipenjara di Tartarus, lho.

Dari Chaos juga muncul Erebus (kegelapan) dan Nyx (malam), lalu mereka bersatu dan lahirlah Aether (hari) dan Hemera (siang). Dari Nyx sendiri kita bisa melihat hal-hal seperti takdir, malapetaka, tidur, dan juga kematian.

Gaea melahirkan Uranus (langit), Ourae (gunung-gunung), dan Pontus (dewa laut purba). Lalu Gaea dan Uranus bersatu melahirkan 12 Titans, 3 Cyclops raksasa, dan 3 Hekatonkheires (si tangan seratus). Uranus membenci anak-anaknya, terutama Cyclops dan Hekatonkheires, lalu memasukan mereka kembali ke rahim Gaea. Secara otomatis, Gaea kesakitan dan memerintahkan anak-anaknya (The Titans) untuk membalas dendam kepada Uranus. Tapi, dari ke dua belas Titan, hanya Kronos (si bungsu) yang menyanggupi perintah Gaea.

The Titans

The Titans terdiri dari enam Titan laki-laki dan enam Titan perempuan. Titan yang pertama yaitu Koios (Titan kecerdasan), lalu Krios (Titan rasi bintang), Iapetus (Titan kehidupan mortal), Mnemosyne (Titan ingatan), Oceanus (Titan laut), Themis (Titan hukum ilahi), Rhea (Titan kesuburan), Tethys (Titan air tawar), Phoebe (Titan bulan), Thea (Titan cahaya terang), Hyperion (Titan cahaya fajar) dan Kronos (Titan waktu).

Dari generasi Titan pertama, lahirlah generasi Titan kedua. Yang paling terkenal adalah Atlas (Titan ketahanan), Eos (Titan Fajar), Prometheus dan Ephimetheus (Titan Pemikiran dan Titan Renungan), Helios (Titan Matahari), dan Leto (Titan Keibuan).

Pada suatu malam, ketika Uranus sedang tidur, Kronos mengendap-endap ke kamar ayahnya, lalu memotong alat kelaminnya dengan sabit yang diberikan oleh Gaea. Dari darah Uranus itu terciptalah ras baru yaitu ras Giants (Raksasa), Nymphs (Peri), dan Furies. Kemudian, Kronos melempar alat kelamin Uranus yang terpotong ke laut, lalu lahirlah Aphrodite atau dewi kecantikan.

Setelah itu, Uranus diusir dari bumi, tetapi Uranus memberikan peringatan kepada anak-anak nya, terutama Kronos, bahwa kelak dia juga akan digulingkan oleh salah satu anaknya sendiri. Lalu, setelah Uranus pergi, Kronos mengasingkan para Raksasa, Cyclops dan Hekatonkheires ke Tartarus. Kemudian dialah yang memerintah bumi dan menjadi raja.

Baca juga : Kisah Cinta Para Dewa Olimpus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.