Aturan Privasi WhatsApp, Diterapkan Mulai 15 Mei

oleh -170 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – WhatsApp mulai menerapkan kebijakan privasi terbarunya pada tanggal 15 Mei 2021 dan sebagian pengguna pun sudah mulai mendapatkan pesan pop-up berisikan pertanyaan apakah pengguna menyetujui kebijakan tersebut. Namun demikian, masih banyak juga pengguna yang belum mendapatkan notifikasi tersebut. (cva)

Masih menjadi misteri kapan WhatsApp akan menebar notifikasi ke seluruh pengguna, padahal tanggal 15 Mei tidak lama lagi tiba. Sejauh ini, tidak ada cara untuk menerima atau menolak aturan privasi baru tersebut secara manual, murni dari notifikasi pop up yang akan muncul sendiri di aplikasi WhatsApp.

“Pada saat ini, tidak ada cara untuk menerima aturan privasi baru WhatsApp secara manual. WhatsApp memilih untuk memberitahu user melalui pop up. Notifikasi mungkin muncul ketika membuka aplikasi atau sewaktu-waktu,” tulis Tech Nadu.

Hal yang berubah

Dengan adanya kebijakan baru ini, maka hal yang akan berubah yakni pengguna akan terhubung dengan lebih banyak bisnis (akun/nomor bisnis).

Menurut WhatsApp, hal ini akan membantu menyelesaikan berbagai hal atau persoalan dengan lebih cepat, dibandingkan melalui telepon atau surat elektronik.

Meski demikian, ketentuan itu bersifat opsional. Pengguna bisa memilih apakah akan menerima layanan ini atau tidak.

Jika menerima dan memilih kebijakan baru ini, maka pengguna akan terhubung dengan lebih banyak bisnis atau chat dengan bisnis di WhatsApp.

Pengguna memiliki keleluasaan untuk memblokir atau menghapus bisnis dari daftar kontak. 

Hal yang berubah lainnya adalah, kini WhatsApp memberi tahu pengguna lebih banyak detail mengenai cara WhatsApp mengelola informasi.

“Kami juga telah menambahkan informasi lebih lanjut ke beberapa bagian tertentu dari Kebijakan Privasi kami dan menambahkan bagian-bagian baru. Selain itu, tata letak Kebijakan Privasi dibuat menjadi lebih simpel untuk mempermudah pengguna menelusurinya,” demikian jelas tim WhatsApp.

Hal yang tidak berubah

1. Privasi dan keamanan chat pribadi dengan keluarga maupun teman

2. Pengguna adalah pemegang kendali apakah ingin membagi nomor telepon dengan akun bisnis dan dapat memblokirnya kapan saja

3. Penerimaan pengguna atas ketentuan layanan baru tidak memperluas kewenangan WhatsApp membagikan data pengguna dengan Facebook

Sumber: Detik.com, Kompas.com, TechNadu.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.