Bukan Sebuah Kata Tunggal, Ternyata ini lho Arti dari Mudik

oleh -228 views
Arti dari Mudik

ZETIZEN RADAR CIREBON- Selain ngabuburit, kegiatan yang juga identik dalam bulan puasa adalah mudik. Mudik pun bukan termasuk kedalam kegiatan yang baru di Indonesia, tetapi sudah menjadi sebuah rutinitas saat menjelang lebaran. Namun ternyata, mudik bukanlah sebuah kata tunggal melainkan dua kata yang menjadi satu seperti ngabuburit. Nah, oleh karena itu mimin akan memberi tahukan kepada kamu arti dari mudik. (fb)

Pengertian

Sebelum membahas lebih dalam mengenai mudik, sama seperti ngabuburit kita akan membahas terlebih dahulu pengertian dari mudik itu sendiri.

Menurut Wikipedia, arti dari mudik yakni adalah sebuah kegiatan perantau atau pekerja migran untuk pulang ke kampung halamannya. Di Indonesia sendiri, mudik sudah menjadi sebuah kegiatan rutinitas menjelang hari raya keagamaan seperti lebaran.

Tujuan dari mudik itu sendiri sudah pasti adalah untuk berkumpul kembali dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan. Selain itu, mudik juga disinonimkan dengan istilah pulag kampung.

Asal Usul

Sedangkan untuk asal dari kata “mudik” berasal dari persatuan dua kata dalam bahasa Jawa yaitu “mulih dikit“. Arti dari kata “mulih dikit” dalam bahasa jawa tersebut adalah “pulang sebentar”.

Namun, belum ada kejelasan mengenai kata mulih dikit atau mudik yang dipakai secara luas oleh orang-orang sebagai sebuah kegiata pulang kampung saat mendekati hari besar keagamaan.

Selain itu, ternyata mudik atau pulang kampung bukanlah sebuah kegiatan yang hanya ada di Indonesia. Ada juga negara berkembang yang mayoritas penduduknya adalah muslim yakni Bangladesh melakukan kegiatan tersebut.

Baca artikel lainnya mengenai

Ternyata ini lho Asal Usul dan Arti dari Ngabuburit

Karakter Ikonik dalam Film Horor Hollywood

3 Easter Egg Pada Series The Falcon And The Winter Soldier, Episode 1

When Villainess Falls in Love Telah Terbit Bahasa Indonesia

Morrígan, Dewi Kematian Bangsa Celtic

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.