Cirebon Skateboarders Family : Hobi Bermain Skateboard

oleh -274 views

CIREBON – Melintasi jalanan Bima Kota Cirebon, pasti sudah tidak asing lagi dengan lapangan skateboard lengkap dengan para penikmat olahraga aksi tersebut. Di tempat itu terdapat salah satu komunitas yang bernama Cirebon Skateboarders Family (CSF) yang hobi bermain skateboard.

Komunitas ini sudah ada sejak tahun 1997 dan secara resmi berdiri pada 11 Maret 2001 yang dulunya bernama Cirebon Skateboarding Society.

Pada awalnya komunitas ini hanya beranggotakan oleh beberapa orang, yakni Sandy, Ichal, Tyo, Dimas, Agus, Wisnu, Asto dan Lutfi saja. Namun seiring berjlannya waktu, penggemar skateboard pun bertambah yang akhirnya sekarang komunitas ini sudah memiliki jumlah keseluruhan anggota sekitar 150-200 skater.

Komunitas ini setiap harinya melakukan skate fun yang biasanya berkumpul di Bima Loop Skatepark, depan Padepokan Merpati Putih, Bima, Kota Cirebon.

Menurut Ical, Koordinator CSF, pada mulanya komunitas ini bertujuan untuk mengembangkan hobi di bidang skateboard serta untuk menjauhkan generasi muda dari hal-hal yang negatif. Hingga saat ini, CSF memiliki tujuan untuk menciptakan atletskateboard profesional dengan membawa nama Cirebon di kancah internasional.

“Pada mulanya sebagai tempat hobi aja, kemudian beralih untuk menciptakan atlet hebat dan bisa mengharumkan nama Cirebon di ajang internasional,” ujarnya.

Menjaring Atlet Baru

Dalam waktu dekat ini, CSF sedang mempersiapkan tiga atlet cabang olahraga skateboard untuk dipertandingkan di ajang Pekan Olahraga Daerah mendatang. Ical menambahkan, tidak ada perekrutan khusus untuk menjadi anggota. Jadi, untuk masyarakat atau kalangan umum yang tertarik dengan skateboar bisa datang langsung dan bermain bersama para anggota yang lainnya. Kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap hari pada pukul 15.30 WIB hingga 18.00 WIB, atau Minggu pagi.

Dalam beberapa kesempatan, komunitas ini sudah beberapa kali berkolaborasi di event skate demo. Kegiatan yang merupakan ajang pengenalan skateboard kepada masyarakat umum. Beberapa kali kolaborasi dengan komunitas yang ada di Cirebon.

Ical berharap support atau dukungan dari Pemerintah dan masyarakat Kota Cirebon khususnya bagi cabang olahraga skateboard. “Saya berharap Pemerintah bisa memperluas skatepark yang sudah ada dengan obstacle yang bervariatif. Kemudian, penempatan tempat sampah yang lebih banyak, dan juga lampu penerangan yang ditambahkan di lingkungan bermain kami. Juga kami mengharapkan dukungan masyarakat agar bisa terus mengembangkan dunia skateboard di Cirebon,” tutupnya. (jerrell/cheva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *