Daftar Museum Terunik di Dunia, Isinya Aneh-Aneh!

oleh -186 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja? Mungkinkah kamu membutuhkan lokasi hiburan yang menghadirkan nuansa rekreasi sekaligus edukasi? Itu artinya, museum dapat menjadi sebagai pilihan terbaik untuk tujuan wisatamu selanjutnya. (cva)

Yup, seperti yang kamu ketahui, museum adalah tempat yang menghadirkan beragam koleksi yang bersifat menambah wawasan atau inspirasi. Sebut saja, benda seni hingga benda bersejarah. Namun, ada berbagai hal unik yang ditampilkan dan ternyata bisa menarik perhatian, lho!

Berikut adalah lima museum terunik di dunia yang menyimpan beragam koleksi menarik yang tak akan pernah kamu sangka. Apa saja, ya?

1. Avanos Hair Museum

Sebagaimana namanya, Museum Hair Avanos yang berlokasi di Turki ini merupakan museum rambut. Maksudnya adalah tempat yang menyimpan koleksi berupa enam belas ribu rambut dari enam belas ribu wanita, dari berbagai penjuru dunia. Alkisah, penyimpanan koleksi unik tersebut berasal dari sejarah hidup sang pendiri yang menyedihkan. Ia adalah Chez Galip, yang terkenal sebagai seorang pengrajin gabah. Suatu hari, ia diberikan potongan rambut teman perempuannya yang pindah ke kota lain.

Kesedihannya pun meluap sehingga menyentuh hati banyak perempuan di sekitarnya untuk memberikan potongan rambut mereka. Dari situ, Chez Galip akhirnya mengoleksi banyak potongan rambut perempuan dan memutuskan untuk menampungnya dalam sebuah bangunan.

Agak ngeri, ya, gengs

2. Lunchbox Museum

Keseharianmu pasti tidak asing lagi dengan santapan bekal yang biasa kamu persiapkan saat hendak pergi ke kantor atau tempat lainnya. Apa kamu menyukai tampilan kotak bekal tersebut? Atau kamu membutuhkan inspirasi dari Lunchbox Museum.

Yup, sesuai namanya, Lunchbox Museum yang berada di Amerika Serikat ini menyimpan berbagai macam kotak bekal yang hits pada 1920 sampai 1970-an. Sebagian besar menampilkan karakter-karakter populer seperti Snoopy, James Bond, The A-Team, dan masih banyak lagi.

3. International Spy Museum

Kamu termasuk orang yang sangat menyukai film-film bertemakan mata-mata? Itu artinya, kamu wajib mengunjungi International Spy Museum di Amerika Serikat. Di tempat ini, kamu akan menyaksikan berbagai koleksi alat spionase yang biasa kamu saksikan di film-film.

Nah, untuk mendapatkan nuansa yang lebih optimal, tempat ini menghadirkan beberapa ruang khusus. Sebut saja ruang pameran khusus, ruang teater, ruang pameran permanen, hingga ruang Operation Spy. Masing-masing menghadirkan aktivitas memata-matai. Cool!

4. Museum of Bad Art

Berbicara mengenai museum, kamu pasti cukup familiar dengan tempat yang menyajikan karya seni yang berkualitas. Namun, apa jadinya jika tempat tersebut nyatanya menghadirkan pameran lukisan yang gagal dan tidak memiliki nilai estetika?

Pengalaman tersebut akan kamu rasakan saat mengunjungi Museum of Bad Art yang berada di beberapa tempat di Amerika Serikat. Mulai dari lukisan yang mencoba meniru lukisan ternama, namun hasilnya jauh berbeda, hingga lukisan yang berantakan.

Apakah kamu akan mencoba menikmati karya kegagalan? Mungkin saja, di tempat ini, kamu akan belajar melihat bahwa hasil yang tidak sempurna menurut standar tertentu tetap memiliki keindahan tersendiri untuk dinikmati. What a good lesson, don’t you think?

5. Kuntskamera

Mendengar nama Museum Kunstkamera, kamu mungkin bertanya-tanya, tempat apakah itu? Berasal dari Rusia, bangunan yang berdiri pada tahun 1727 di St. Petersburg ini, menawarkan koleksi-koleksi berupa makhluk hidup yang memiliki kelainan fisik dan diawetkan dalam toples kaca.

Bahkan, tahukah kamu? Tempat ini pun menyimpan berbagai alat-alat penyiksaan seperti, kursi listrik, kursi dengan banyak paku, alat yang dipakai untuk bor kepala, dan berbagai alat penyiksaan lainnya. Tentu, kamu harus kuat mental untuk mengunjunginya, nih, gengs.

Nah, pertanyaannya, kamu paling tertarik dengan destinasi yang mana, nih?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.