Dewa Pertama Alam Langit, Jade Emperor

oleh -58 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setiap negara dan budaya memiliki kepercayaan mereka masing-masing. Mulai dari legenda pemimpin, makhluk mistis dan mitos, hingga para dewa dan dewi. Cina sebagai salah satu peradaban tertua tentu memiliki banyak tokoh legenda menarik untuk kita bahas. Salah satunya adalah Kaisar Giok atau Jade Emperor. (Nd)

Kaisar Giok atau oleh orang Cina sebut sebagai Yu Huang Da Di dalam budaya Cina dan Taoisme adalah seorang penguasa besar. Bukan hanya menguasai Surga dia juga menguasai semua alam lain di bawahnya, termasuk alam manusia dan neraka.

Jade Emperor / Yu Huang Da

Dia adalah salah satu dari para dewa dan dewi terpenting dalam agama tradisional Cina. Menurut pandangan Taoisme, Kaisar Giok atau Jade Emperor memimpin semua alam makhluk hidup dan yang di bawahnya, tetapi kedudukannya berada di bawah Sanqing. Taoist secret menjelaskan bahwa dia menjadi pelindung keluarga kekaisaran semenjak abad ke sembilan.

Di dalam hati rakyat Tiongkok zaman dulu, Kaisar adalah orang yang paling mereka hormat dan sosok yang paling mereka junjung tinggi dalam sebuah negara (Kerajaan). Sedangkan dalam pola berpikir dari umat agama tradisional Cina yang saleh, Yu Huang adalah Dewa Pertama Alam Langit.

Baca Juga: Bai Ze, Makhluk Suci simbol Keberuntungan

Dewata Tertinggi yang melaksanakan pemerintahan alam semesta dan dibantu oleh para dewata lain. Seperti Dewa Matahari dan Dewi Rembulan, Dewa Bintang, Dewa Halilintar, Dewa Angin, Dewa Awan, dan lain-lain.

Sehingga tidak mengherankan  jika orang Tionghoa menganggap bahwa Kaisar Giok adalah Tuhan mereka. Pandangan ini masih berlangsung sampai sekarang. Dia bertahta di langit tingkat ke-33 di sebuah istana yang disebut 淩霄寶殿 (Ling Xiao Bao Dian) yang berarti Istana Halimun Mukjizat.

Berbagai kisah dan kebiasaan Tao mengasosiasikan Kaisar Giok dengan kebaikan, penyayang, pemerhati dan penolong. Dia mengunakan kekuasaannya untuk meningkatkan kehidupan manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.