Dreadnought, Kapal Perang yang Menjadi Kiblat Kapal Perang Modern Saat Ini

oleh -114 views
Source: Reddit (u/Freefight)

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pada 1906, Angkatan Laut Inggris meluncurkan kapal perang yang akan mengubah jalannya pertempuran laut. Kapal perang tersebut bernama HMS Dreadnought, yang di lengkapi persenjataan yang canggih dan mematikan. Peluncuran tersebut juga kembali membuka era baru pertempuran laut. (Zhorif)

Source: Sakai City Maritime History Science Museum Collection

Dreadnought adalah jenis kapal perang yang mulai mendominasi lautan pada awal abad ke-20. Yang membuatnya unggul adalah meriam berkaliber besar yang dapat berputar 180° derajat atau lebih dan menggunakan turbin uap sebagai penggeraknya. Generasi sebelumnya, yang bernama Pre-dreadnought adalah kapal penerus Ironclad berkriteria sama sebelum peluncuran HMS Dreadnought. Salah satunya adalah IJN Mikasa.

Baca juga: Ironclad, Kapal Perang Revolusioner Dengan Desain yang Unik

Source: United States Library of Congress’s Prints and Photographs Division

Dreadnought menggabungkan serangkaian teknologi di kembangkan selama jalannya perang. Seperti teknologi elektronik yang mengirimkan koordinat atau lokasi musuh kepada kru yang mengoperasikan meriam. Sehingga meningkatkan akurasi dan presisi serangan. Kecepatannya yang tinggi (25 mp/h atau 40 km/h) membuatnya dapat kabur atau bahkan mengejar musuh dengan mudah.

Source: Kure Maritime Museum

Hadirnya Dreadnought memicu arms race besar-besaran. Karena kapal perang tersebut menjadi simbol penting yang melambangkan kekuatan dan status suatu angkatan laut. Inggris kemudian di ikuti oleh Amerika Serikat, Perancis, Jerman, Jepang, dan Italia dalam “perlombaan” membangun kapal perang jenis tersebut untuk memperkuat angkatan laut masing-masing.

Baca juga: IJN Yamato, Battleship Terbesar di Dunia yang Berakhir Tragis

Source: military-history.org

Dreadnought membuat semua kapal perang sebelumnya, terutama Pre-dreadnought menjadi ketinggalan zaman. Namun ironinya, Dreadnought sendiri menjadi ketinggalan zaman pada Perang Dunia ke-1. Jenis kapal perang tersebut di kalahkan oleh Super-dreadnought dan kapal perang era Perang Dunia ke-2 lainnya, yang memiliki persenjataan, teknologi, dan kecepatan yang lebih unggul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.