Fakta Menarik Tentang Tertawa, Sudah Tahu?

oleh -120 views
Source: weheartit.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Tertawa bukan hanya bisa memperbaiki mood dan membuat hati senang. Tertawa bisa terjadi karena melihat sesuatu yang lucu atau sesuatu yang menyenangkan. Beberapa ilmuwan meyakini dan menemukan fakta bahwa tertawa yang membawa segudang manfaat untuk kesehatan maupun hal lainnya. Apa saja fakta tentang tertawa yang perlu kamu ketahui? Yuk, simak fakta menarik tentang tertawa berikut ini. (tika)

1. Tertawa itu menular

Sophie Scott, seorang pakar saraf di University College London menemukan sebuah fakta dari penelitiannya. Ketika ada orang yang tertawa, bagian otak yang disebut korteks premotor secara otomatis akan menggerakkan otot pada bagian wajah, persis seperti orang yang sedang tertawa. Ini karena otak Anda bisa merespon tawa orang lain dengan cara menirukan ekspresi yang sama, meskipun tanpa kamu sadari. Maka tak jarang, kamu akan ikut tertawa saat melihat orang lain tertawa.

2. Menigkatkan mood

Selain bisa membuat suasana hati menjadi lebih bahagia, tertawa bisa mengurangi stres, membantu melawan infeksi, dan mengurangi rasa sakit.

3. Bisa dijadikan sebagai olahraga

Fakta menarik selanjutnya adalah tertawa bisa seperti berolahraga. Hal ini karena tertawa sekitar 100 kali memiliki manfaat yang sama dengan 15 menit bersepeda. Tertawa dengan kuat bisa meningkatkan denyut jantung, memperdalam tingkat pernapasan, dan mengencangkan otot-otot diperut, wajah, dan diafragma.

4. Perbedaan antara anak-anak dan orang dewasa saat tertawa

Anak-anak tertawa jauh lebih banyak daripada orang dewasa. Waktu masih kecil, kita bisa tertawa 400 kali dalam sehari. Namun, sejak masuk dunia sekolah, kemudian bekerja, dan melakukan hal-hal ‘dewasa’ lainnya, kita hanya tertawa paling banyak 15 kali sehari. Namun, jangan tertawa tertawa sendirian ya, hehe.

5. Tertawa bisa menyehatkan tubuh

Peneliti dari University of Maryland School of Medicine menemukan bahwa menonton film komedi bisa memperbaiki fungsi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini tentu menyehatkan sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) Anda. Fakta tentang tertawa lainnya pun menunjukkan bahwa tertawa memang bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh, membantu mengatur kadar gula darah, dan memperbaiki pola tidur.

Itulah beberapa contoh dari fakta unik setra manfaat dari tertawa. Bagaimana menurutmu?

Baca juga:

Rekomendasi Skincare yang Ramah Lingkungan

Ini Pentingnya Afirmasi Positif Untuk Diri Sendiri

Ternyata Ini Penyebab Skin Barrier Rusak!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.