Fakta Unik Kue Nastar, Kue yang Identik saat Lebaran Part I

oleh -91 views
Asal Usul Kue Nastar

ZETIZEN RADAR CIREBON- Berbicara soal lebaran, pasrinya sudah tidak asing dengan kue kering bernama nastar. Saat lebaran tiba, kue ini kerap menjadi incaran banyak orang ketika bertamu ke sebuah rumah. Tidak hanya menjadi kue kering yang sangat populer, ternyata ada sebuah fakta unik kue nastar lainnya lho sob.

Oleh karena itu, mimin akan memberika informasi seputar fakta unik kue nastar yang perlu kamu ketahui. Simak ulasan berikut. (fb)

Baca juga: Cara Lain Merayakan Lebaran Tanpa Mudik

Berasal dari Bahasa Belanda

Tidak sedikit orang pastinya mengira bahwa nastar merupakan kata tunggal dari bahasa Indonesia. Namun ternytata, nastar merupakan penggabungan dari dua kata yang berasa dari bahasa Belanda sob.

Kata tersebut yakni  ‘ananas’ yang berarti nanas dan ‘taartjes‘ yang berarti tart. Karena pelafalannya yang terbilang sulit, dua kata tersebut disingkat menjadi nastar.

Terinspirasi dari Pie

Tidak hanya namanya, ternyata nastar juga terinspirasi dari makanan Eropa yakni kue pie yang berisi blueberry, strawberry, maupun apel. Adonan dari nastar itu sendiri pun sama dengan kue pie yakni tepung terigu, telur, mentega, dan bahan lainnya. 

Namun karena isian dari kue pie tersebut sulit untuk didapat, masyarakat kita mengganti isian dari kue nastar dengan buah nanas yang tumbuh subur di Indonesia karena masuk kedalam negara tropis.

Makanan Bangsawan

For your information ternyata kue kering dengan cita rasa manis yang hampir semua orang dapat cicipi ini dulunya adalah makanan bangsawan dan orang-orang kaya lho sob. Selain itu, kue nastar juga hanya akan dibuat ketika perayaan besar saja.

Namun seiring berjalannya waktu, semua kalangan masyarakat dapat mencicipi makanan yang identik dengan lebaran ini. Tidak hanya itu, kue ini pun kini dapat orang buat kapan pun mereka mau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.