Fakta Unik Neelakurinji, Mekar 12 Tahun Sekali!

oleh -81 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bunga neelakurinji dengan nama ilmiah Strobilanthes kunthiana adalah bunga yang tumbuh di negara bagian India. Keistimewaan bunga ini adalah hanya mekar 12 tahun sekali. Melansir dari idntimes, bukti penampakan bunga ini pada tahun 1838, 1850, 1862, 1874, 1886, seterusnya dan yang terakhir tahun 2018. Unik sekali kan? Jadi, yuk mari kita bahas fakta unik neelakurinji yang perlu kamu ketahui. (tika)

Melansir dari cnnindonesia, neela berasal dari bahasa setempat yang bermakna biru. Selain warna biru, bunga neelakurinji berwarna ungu dan membuat permukaan menjadi sangat indah yang menarik pawa wisatawan. Pemandangan mekarnya bunga langka ini bisa kamu jumpai di daerah Kovilur, Kadavari, Rajamala, dan Taman Nasional Eravikulam.

Menghasilkan madu yang langka

Bunga neelakurinji menghasilkan madu yang langka yang disebut kurinjithen. Madu ini berasal dari banyaknya lebah yang melakukan penyerbukan dan akhirnya mengarah ke pembentukan madu langka. Madu ini memiliki rasa yang sangat manis, bergizi dan bisa sebagai obat. Tak hanya itu, madu ini juga bisa bertahan lebih dari 15 tahun lho.

Kebiaasan ketika mekar

Tumbuhan neelakurinji termasuk tumbuhan monokarpik, yaitu ketika berkembang biak satu kali setelah berbunga akan mati, dan membutuhkan waktu untuk tumbuhnya benih baru. Tumbuhnya bunga secara massal ini juga ternyata ada fungsinya. Fungsinya adalah untuk memastikan kelangsungan hidup tumbuhan ini.

Memiliki siklus yang tidak biasa

Neelakurinji termasuk ke dalam strobilanthes yang merupakan genus dari sekitar 350 spesies tanaman berbunga. Spesies strobilanthes memiliki siklus 4, 8, 10, 12 atau bahkan 16 tahun. Mekarnya neelakurinji secara massal akan langsung menyelimuti perbukitan dan memberikan nuansa biru hingga ungu yang mekar sekitar bulan Agustus hingga Oktober yang terjadi setiap 12 tahun sekali.

Nah, itulah fakta unik neelakurinji, apakah kamu tertarik untuk melihatnya langsung?

Baca juga :

Manfaat Jamur Bagi Kesehatan, Sudah Tahu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.