Fenomena Langit di Bulan Mei 2021, Ada Hujan Meteor! Part I

oleh -187 views
Fenomena Langit di Bulan Mei

ZETIZEN RADAR CIREBON- Tidak terasa satu bulan pun telah berlalu dan kita bertemu lagi dengan awal bulan yang baru. Seperti biasanya, di awal bulan kali ini mimin akan memberikan informasi seputar fenomena langit di bulan Mei. Ternyata fenomena langit pada bulan ini pun tidak kalah kerennya lho sob jika kita bandingkan dengan bulan sebelumnya. So, tanpa berlama-lama lagi berikut ulasannya. (fb)

Baca juga: Konjungsi Bulan Itu Apa Sih?

Konjungsi Bulan dan Jupiter – 5 Mei 2021

Okultasi Jupiter oleh bulan | Kafe Astronomi.com
Source by KafeAstronomi.com

Untuk fenomena langit di bulan Mei yang petama kamu dapat menyaksikannya pada tanggal 5 Mei nih sob. Kali ini untuk pembukaannya kamu dapat menyaksikan peristiwa pertemuan antara satelit alami kita yakni bulan dengan planet Jupiter sob.

Peristiwa ini akan terjadi pada pukul 02.00 dini hari waktu setempat. Planet Jupiter akan terlihat berada sejauh 4 derajat dari bulan. Jika kamu ingin menyaksikan fenomena ini, kamu dapat menyaksikannya di langit timur.

Hujan Meteor Eta-Aquariids – 6 Mei 2021

Hujan Meteor Eta Aquarids : Proses Terjadinya - Ciri dan Fenomena -  IlmuGeografi.com
Source by IlmuGeografi.com

Tepat keesokan harinya, kamu dapat menyaksikan kembali fenomena langit sob. Fenomena langit yang terjadi pada 6 Mei pun terbilang sangat jarang terjadi yakni Hujan Meteor.

Namun sayangnya, karena ada Bulan di sana yang menjadi polusi cahaya alami, kamu hanya dapat menyaksikan 5-10 meteor per jam nya yang seharusnya dapat mencapai 40 meteor per jamnya.

Fase Bulan Baru – 12 Mei 2021

Bentuk Bulan dan Juga Fasenya, Serta Dampaknya Bagi Manusia
Source by Kelas Pintar

Selanjutnya ada fase bulan baru yang dapat kamu saksika pada 12 Mei sob. Pada fase ini, Bulan dan Matahari akan terbit secara berbarengan. Karena hal tersebut seluruh permukaan bulan yang disinari matahari berada di bagian “belakang” bulan. Kamu dapat menyaksikan fase ini pada pukul 02.01 WIB.

Konjungsi Bulan dan Mars – 16 Mei 2021

Konjungsi Bulan dan Planet Mars Kembali Terjadi Hari Ini - Teknologi  Bisnis.com
Source by Bisnis.com

Ternyata, pada bulan Mei kali ini kamu tidak hanya dapat menyaksikan satu fenomena konjungsi sob. Kamu dapat menyaksikan kembali pada tanggal 16 Mei. Namun, yang berbeda adalah konjungsi pada 16 Mei tidak dengan planet Jupiter lagi. Namun, berganti dengan si planet merah yakni Mars.

Fenomena langit satu ini dapat mulai kamu saksikan setelah terbenamnya Matahari. Mars dan Bulan akan terlihat berjarak sejauh derajat pada pandangan mata telanjang. Selain itu, Mars pun akan terlihat bagaikan bintang merah yang cerah.

Baca juga: Jenis Hujan Meteor yang Dapat Kamu Saksikan di Langit Malam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.