Guoto, Alat Musik Daerah Papua Barat

oleh -112 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Guoto merupakan alat musik petik dari daerah Papua Barat yang terbuat dari kayu dan kulit binatang. Binatang yang biasa masyarakat jadikan bahan baku yaitu kulit lembu. (cva)

Proses Pembuatan

Guoto merupakan alat musik yang sangat sederhana dan modern ini keberadaannya sulit untuk ditemui. Alat musik ini terbuat dari bilah bambu yang telah masyarakat keringkan. Kulit bambu tersebut kemudian dihaluskan menggunakan pisau untuk membentuk senar.

Jadi, senar alat musik ini berasal dari kayunya sendiri bukan dengan dawai seperti alat musik petik lain. Jumlah senar pada Guoto biasanya berjumlah empat, keempat senar tersebut memiliki jarak yang sama antar satu sama lainnya.

Setelah senar jadi, kayu kecil kemudian ditaruh pada bagian bawah senar. Kayu kecil ini bertujuan untuk memberikan ketegangan pada senar.

Ganjalan kayu tersebut kemudian mereka atur variasinya agar setiap senar dapat mengeluarkan suara yang berbeda-beda. Kedua pangkal dan ujung senar Guoto biasanya terikat oleh tali yang terbuat dari rotan, maupun kulit lembu yang telah kering.

Cara Memainkan Guato

Cara memainkan alat musik ini yakni dengan memetik senar dan memukulnya agar bisa menghasilkan suara yang unik.

Permainan biasanya masyarakat lakukan dengan instrumen musik tradisional Papua Barat lainnya untuk menyambut tamu, mengiringi tari, dan juga ritual adat setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *