Brigade Al Qassam, Pasukan Hamas Palestina Penghancur Israel

oleh -321 views
Pasukan Brigade al-Qassam

ZETIZEN RADAR CIREBON – Nama Hamas selalu terdengar ketika Israel menyerang Palestina, Hamas dianggap lawan tangguh bagi Israel karena angkatan udaranya yang kuat dan jaringan intelijennya yang terkenal. Hamas dianggap sebagai organisasi Islam bersenjata terbesar di Timur Tengah dan terbesar di Palestina saat ini. (az)

Sejak konflik Israel dan Palestina meletus bertahun-tahun lalu, Israel tak pernah bisa mematikan pasukan Al Qassam. Pasukan militer Islam ini dianggap menjadi mimpi buruk bagi Israel. Pasukan inilah yang menjadi kekuatan umat muslim Palestina.

Siapa Hamas?

Dikutip dari wikipedia, Hamas (bahasa Arab: حماس‎ Ḥamās, akronim dari Harakat al-Muqawwamatul Islamiyyah حركة المقاومة الاسلامية Ḥarakat al-Muqāwamah al-ʾIslāmiyyah. Secara harfiah berarti “Gerakan Pertahanan Islam” adalah organisasi Islam Palestina, dengan sayap militer terkait, Izz ad-Din al-Qassam, atau lebih dikenal dengan Brigade Al Qassam.

Nama Brigade Al Qassam merujuk pada Izz Ad Din Al Qassam, seorang pendakwah di Palestina. Pada 1930 dia mengorganisasi dan mendirikan Al Kaff Al Aswad (Black Hand), organisasi militan yang menentang zionisme dan pemerintaah Inggris-Prancis di Levant.

Sejak tahun 2007, Hamas telah memerintah Jalur Gaza, setelah memenangkan mayoritas kursi di parlemen Palestina pada pemilihan parlemen Palestina tahun 2006. Kemudian mengambil kendali langsung atas Palestina dan melancarkan serangan berulang kali terhadap Israel.

Brigade yang terbentuk sejak Desember 1987 itu terus mengembangkan kapasitas militernya mulai dari senapan hingga membuat serangkaian teknologi roket Qassam.

Brigade Al Qassam dinilai memiliki kemampuan tempur kompleks dan mematikan. Mereka mengoperasikan berbagai sel di Tepi barat. Serangan dengan sasaran militer menyertakan tembakan senjata ringan, roket hingga serangan mortar.

Pasukan ini disebutkan menjadi kelompok yang paling berani melakukan serangan ke Israel. Pasukan tempur ini sering disebut tameng hidup dalam setiap peperangan melawan zionis terutama di Jalur Gaza.

Jumlah Pasukan

Dilansir dari Middle East Eye, tidak pernah ada yang tahu pasti jumlah total pasukan Hamas.

Jumlah Brigade Izzuddin Al Qassam anggota hanya diketahui pimpinan Brigade, yang mengadopsi prinsip kerahasiaan dalam organisasi dan rekrutmen.

Pada 2003, pemimpin Hamas memperkirakan jumlah pasukan mereka di Brigade Qassam mencapai 20 ribu personel. Namun, sejumlah analis memperkirakan pasukan Hamas bisa mencapai 30-50 ribu personel.

Pasukan dengan keahlian menyamar ini, memegang prinsip menyembunyikan identitas dan posisi mereka di dalam organisasi hingga kematian jihad mereka.

Al Qassam juga punya ribuan amunisi dan roket yang siap dipakai untuk bertempur. Meski tentara Israel dinilai lebih kuat, faktanya Al Qassam masih gagah dan tidak benar-benar musnah.

Untuk diketahui, Australia bersama sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, Inggris dan Uni Eropa mengklasifikasikan Brigade ini sebagai kelompok teroris. Tak mengherankan banyak laporan yang menggambarkan organisasi ini dengan deskripsi miring.

Baca juga: 20 Syahid, Termasuk 9 Anak, dalam Serangan di Gaza

Dihadapkan dengan mesin militer dan keamanan negara adikuasa regional, Brigade Izzuddin Al Qassam mengandalkan pertolongan Allah selama perjuangan. Setelah itu, kekuatan Brigade berasal dari keyakinan yang kuat dalam menuntut keadilan bagi Palestina, dan keyakinan bahwa pengorbanan akan mengalahkan arogansi agresor.

Demikianlah, Brigade Izzuddin Al Qassam yakin bahwa selesainya pembebasan Gaza akan terpenuhi, dan bahwa pembebasan tanah Palestina akan terwujud.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *