Hari Buruh Sedunia Tanggal 1 Mei 2021, Berikut Sejarahnya

oleh -372 views

ZETIZEN RADAR CIREBON Setiap tanggal 1 Mei dirayakannya hari buruh sedunia atau biasa dikenal dengan sebutan May Day. Hari Buruh internasional sebagai hari libur tahunan di beberapa negara termasuk Indonesia, yang berawal kegiatan serikat buruh yang merayakan keberhasilannya di bidang ekonomi dan social. Perayaan tersebut berupa pawai, parade yang dapat menimbulkan kerumunan warga setempat. Lantas apa yang menjadi dasar dari perayaan tersebut dan bagaimana sejarah awal bisa terbentuk acara ini, berikut ringkasannya. (sno)

Sejarah May Day

Hari Buruh

May Day berawal dari perkembangan kapitalisme industri pada abad ke 19. Saat itu menandakan perubahan drastis ekonomi-politik di beberapa negara kapitalisme di Eropa Barat dan Amerika Serikat.

Terjadi lah aksi mogok massal pada tahun 1806 oleh pekerja Cordwainers. Hal ini berlandaskan pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik.

Lihat juga: Buruh Akan Demo, TNI-Polri Siap Siaga

Perlu kalian ketahuin kelas pekerja di era tersebut bekerja dari 19 sampai 20 jam seharinya. Jika dihitung waktu untuk beristirahat hanya diberi waktu 4 – 5 jam saja. Sehingga para pekerja menuntut mengurangan jam kerja mereka.

Pada tanggal 5 September 1882, parade pertama diadakan di kota New York dengan peserta 20.000 orang yang membawa spanduk bertulisan 8 jam kerja, 8 jam istirahat, 8 jam rekreasi. 

Hari Buruh Indonesia

Indonesia pada tahun 1920 juga mulai memperingati hari Buruh tanggal 1 Mei ini. Tapi sejak masa pemerintahan Orde Baru tidak lagi diperingati di Indonesia, dan sejak itu, 1 Mei bukan lagi merupakan hari libur untuk memperingati peranan buruh dalam masyarakat dan ekonomi.

Lihat juga: 5 Penyebab Penyakit Malaria dan Penularannya

Hal ini disebabkan karena gerakan buruh dihubungkan dengan gerakan dan paham komunis yang sejak kejadian G30S pada 1965 ditabukan di Indonesia. Setelah era Orde Baru berakhir, walaupun bukan libur, setiap tanggal 1 Mei kembali marak dirayakan oleh buruh di Indonesia dengan demonstrasi di berbagai kota.

Source: Wiki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *