IJN Fubuki, Destroyer Paling Maju dan Tercanggih di Dunia Pada Masanya

oleh -124 views
Source: Wikipedia

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setelah berakhirnya Perang Dunia ke-1, Imperial Japanese Navy menginginkan kapal perang jenis destroyer berkecepatan tinggi, mampu menempuh jarak jauh, dan bersenjata lengkap dengan persenjataan canggih. Hasilnya ialah IJN Fubuki beserta kapal sekelasnya, yang bahkan menandingi light cruiser dari angkatan laut lain. (Zhorif)

Source: Division of Naval Inteligence of the Navy Department of the United States

Pembangunan dari destroyer Fubuki-class merupakan bagian dari program Imperial Japanese Navy’s Expansion Program pada tahun 1923. Program tersebut berhasil menciptakan destroyer dengan performa yang bahkan “terlalu” maju pada masanya. Sehingga sampai dinamai Special Type Destroyers (特型駆逐艦, Tokugata Kuchikukan). Flagship dari kelasnya, IJN Fubuki selesai di bangun dan di tugaskan pada 10 Agustus 1928.

Baca juga: Dreadnought, Kapal Perang yang Menjadi Kiblat Kapal Perang Modern Saat Ini

Source: combinedfleet.com

IJN Fubuki, beserta dengan kapal satu kelasnya membentuk perkembangan dari destroyer di seluruh dunia. Dimensi kapal yang luas membuatnya memiliki daya serang yang jauh lebih besar. Selain itu, kecepatan (44 mp/h atau 70 km/h), survivabilitas, dan daya tahan destroyer tersebut membuatnya menjadi lawan yang tentunya tidak mudah untuk di kalahkan. Walaupun lebih tua di bandingkan kapal perang lainnya.

Source: Reddit (u/DaveScout44)

IJN Fubuki bertempur sebagai destroyer garis depan selama tahun 1930-an. Namun tetap menjadi kapal perang yang tangguh di Pacific War. Destroyer ini bahkan menjadi veteran dari pertempuran-pertempuran besar selama perang. Contohnya Battle of Malaya, Battle of Sunda Strait, bahkan Battle of Midway. Sampai pertempuran terakhirnya pada Battle of Cape Esperance.

Baca juga: IJN Yamato, Battleship Terbesar di Dunia yang Berakhir Tragis

Source: ?

Pada Battle of Cape Esperance, IJN Fubuki tenggelam akibat serangan dari armada destroyer dan cruiser Amerika Serikat. Walaupun begitu, destroyer tersebut beserta kapal sekelasnya berjasa dengan sangat baik dalam Pacific Theatre. Dan destroyer Fubuki-class tetap menjadi pencapaian bersejarah dalam sejarah Imperial Japanese Navy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.