Ini 5 Tips Menjadi Pendengar yang Baik

oleh -171 views
source: sheerluxe.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kita pastinya memiliki teman untuk bertukar cerita, memperluas relasi, atau sekadar mendengarkan cerita. Nah, kamu pasti kesal kan kalau sedang berbicara tiba-tiba di potong begitu saja. Nah, kali ini kita akan membahas tips menjadi pendengar yang baik agar bisa mempererat hubungan pertemanan. (tika)

1. Jujur tentang kesiapan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu sebaiknya jujur mengenai kesiapan untuk mendengarkan. Apakah hari itu mood kamu sedang baik untuk mendengarkan curhatan teman? Kalau kamu juga sedang merasa tidak baik, alangkah baiknya kamu jujur dan meminta maaf karena belum bersedia mendengarkan cerita.

2. Jangan meremehkan lawan bicara

Ketika temanmu sedang berbicara usahakan untuk berempati dan tidak menyepelekannya. Karena bisa saja hal yang menurut kamu tidak berat, bisa saja menjadi titik terendah lawan bicara kamu. Juga misalnya ketika berbicara dengan atasan kamu, kamu sangat konsentrasi mendengarkan. Namun, ketika ada teman atau orang di rumah mu yang bercerita kamu terdengar malas mendengarkan.

3. Jangan memotong pembicaraan

Ketika ada seseorang yang berbicara, usahakan jangan memotong pembicaraan. Meskipun kamu lebih tahu informasi tersebut daripada lawan bicara yang sedang bercerita. Cobalah untuk menghargai cerita lawan bicara dan mendengarkan apa yang mereka sedang utarakan. Ketika seseorang bercerita kepadamu, itu artinya kamu pantas menjadi pendengar. Jangan sampai membuat mereka jengkel dengan sikapmu itu ya.

4. Jangan menghakimi

Apabila ada seseorang yang sedang bercerita, sikap pendengar yang baik adalah jangan menghakimi. Kita tidak tahu seperti apa kondisi yang dia rasakan pada waktu itu. Cobalah untuk mengerti posisi lawan bicaramu dan menyemangati agar dia merasa lebih baik. Kalau lawan bicaramu mengambil langkah yang tidak benar, jangan hakimi namun rangkul dan menasihati dengan adab yang baik.

5. Berikan feedback yang baik

Setelah mereka bercerita, sebaiknya kamu memberikan feedbaik yang baik agar mereka juga merasa di hargai sebagai pencerita. Tipe orang bercerita ada yang hanya ingin di dengarkan dan ada juga yang ingin di berikan solusi. Jika mereka hanya ingin di dengarkan, kamu cukup mendengarkan. Namun, apabila mereka ingin mendapat solusi, maka cobalah untuk memberikan solusi dengan kata-kata yang baik agar tidak menyinggung perasaannya.

Nah, itulah tips menjadi pendengar yang baik yang bisa kamu lakukan pada lawan bicaramu. Jangan lupa ketika sedang berbicara fokuslah dengan tidak memainkan smartphone. Serta, berikan body language yang sesuai, misalnya tataplah matanya dan jangan sibuk sendiri.

Baca juga:

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan

Sulit Tidur? Ini Tips Mengatasi Insomnia

Ini Fakta Unik Orang Jepang, Sudah Tahu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.