Ini Fakta Unik Orang Jepang, Sudah Tahu?

oleh -218 views
source: bobcutmag.com

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dengan persaingan yang semakin ketat dengan negara lain, Jepang selalu berusaha memperbaiki diri dalam berbagai aspek. Hutan-hutan yang sejuk, kota yang ramai serta tradisional namun mampu bersaing secara teknologi. Tak heran jika Jepang di anggap sebagai salah satu negara yang lebih menonjol dibandingkan negara lain. Bukan hanya di bidang teknologi, adab serta etika orang-orang jepang sendiri patut untuk diacungi jempol. Tingkat kejujuran serta kesopanannya, orang jepang sangat di kagumi di dunia. Yuk kita bahas fakta unik orang Jepang yang perlu kamu tahu. (tika)

1. Anak kecil di jepang terlatih untuk mandiri sejak kecil

Di Jepang, anak-anak yang berumur tiga tahun sudah biasa untuk naik bus sekolah sendiri, dan pada usia lima atau enam tahun, mereka akan belajar menggunakan transportasi umum atau berjalan kaki ke sekolah tanpa pengawasan orang tua. Orang tua mereka tidak khawatir apabila anak-anaknya pergi ke sekolah sendiri.

Karena, tingkat keamanannya sendiri sudah tidak di ragukan lagi.  Keberhasilan dari sistem ini di dukung oleh lingkungan yang bisa di percaya, sehingga anak-anak akan merasa aman meskipun berangkat ke sekolah sendirian karena di manapun mereka berada, mereka akan selalu terpantau oleh cctv tersembunyi.

2. Jepang memiliki tingkat obesitas terendah di negara-negara maju lainnya

Jepang memiliki tingkat obesitas terendah di antara negara-negara maju di dunia. Pada tahun 2008, Jepang memperkenalkan peraturan yang terkenal sebagai hukum “metabo” yang mewajibkan warga negara yang berumur antara 40 tahun hingga 75 tahun untuk mengukur lingkar pinggang mereka setahun sekali. Hal ini dilakukan untuk menjaga penyebaran penyakit metabolik seperti diabetes dan stroke.

Warga negara Jepang yang terbukti kelebihan berat badan di haruskan menghadiri kelas diet, atau jika tidak, mereka akan terkena denda. Tak hanya itu, mengapa orang-orang jepang tidak obesitas, karena mereka memiliki pola hidup yang sehat. Seperti berjalan kaki dari rumah ke kantor atau menggunakan sepeda.

3. Jepang memiliki salah satu kereta api paling cepat di dunia

Jepang memiliki salah satu kereta api paling tepat waktu di dunia dengan penundaan rata-rata kurang dari satu menit pada jalur Shinkansen berkecepatan tinggi antara Tokyo dan Shin-akasaka pada tahun 2018. Orang-orang jepang sudah terbiasa sedari dulu untuk selalu tepat waktu. Maka tak heran apabila tingkat disiplinnya sangat tinggi.

Jika memang terjadi penundaan, kondektur akan mengumumkan permintaan maaf dan perusahaan kereta api akan mengeluarkan sertifikat penundaan (apabila kereta api akan terlambat lima menit). Namun, biasanya jarang terjadi penundaan pada kereta api ini.

4. Jepang dikenal sebagai negara pintar dan tangguh ketika menghadapi bencana

Jepang terletak di daerah Ring of Fire, di mana lempeng benua dan samudera bertemu, sehingga membuat negara ini menjadi target dari bencana alam terburuk abad ini. Meskipun demikian, Jepang dikenal sebagai negara yang tetap tangguh dan bangkit kembali setelah mengalami setiap bencana, bahkan masih tercatat sebagai salah satu negara yang memiliki ekonomi paling maju di dunia. Ketepatan serta kecepatan menghadapi dan mengatasi bencana ini membuat jepang tidak terpuruk berlarut-larut dalam kesedihan. Wow menarik sekali yaa.

5.  Di sekolah-sekolah Jepang, bersih-bersih adalah bagian dari kurikulum

Di sekolah-sekolah Jepang, bersih-bersih adalah bagian dari kurikulum. Anak-anak mulai diajarkan membersihkan sesuatu dan menjaga kebersihan sebagai bagian dari kegiatan sekolah sehari-hari untuk menanamkan rasa hormat, tanggung jawab, dan kesetaraan. Ini patut di contoh di negara kita agar anak-anak sedari dini sudah diajarkan betapa pentingnya menjaga kebersihan.

Ini adalah contoh sebagian kecil dari fakta unik orang jepang. Kita juga bisa mencontoh dari kebiasaan unik tersebut mulai dari diri sendiri seperti lebih menghargai waktu dan lebih menjaga kebersihan serta kesehatan.

Baca juga:

Fakta Menarik Tentang Tertawa, Sudah Tahu?

Ini Pentingnya Afirmasi Positif Untuk Diri Sendiri

5 Makanan Pencegah Bau Badan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.