Ironclad, Kapal Perang Revolusioner Dengan Desain yang Unik

oleh -209 views
Source: U.S. Naval Archives

ZETIZEN RADAR CIREBON – Berakhirnya era kapal ship-of-the-line di tandai dengan penggunaan peluru meriam yang dapat meledak. Sehingga membuat kapal perang berbahan utama kayu sangat rentan terhadap meriam tersebut. Untuk menghadapi masalah itu, desainer kapal perang mulai menggunakan besi sebagai armor, dan era Ironclad pun di mulai. (Zhorif)

Source: “La Royale” Jean Randier

Ironclad adalah kapal perang tahun 1860-1890 bertenaga uap yang di lindungi oleh plat besi atau baja. Kapal perang yang biasanya berdesain aneh ini memiliki ciri khas berbahan besi, menggunakan meriam peluru ledak, dan bertenaga uap. Ironclad pertama di buat oleh Perancis dengan nama Gloire tahun 1859 yang di desain oleh Henri Dupuy de Lôme (yang sebelumnya mendesain Napoléon).

Baca juga: Napoléon, Battleship Bertenaga Uap Pertama di Dunia

Source: Naval History and Heritage Command

Pertempuran pertama Ironclad terjadi pada Battle of Hampton Roads tanggal 8 Maret 1862. Pertempuran bersejarah antara USS Monitor dan CSS Virginia yang berakhir seri menandakan berakhirnya masa-masa ship-of-the-line berbahan dasar kayu. Pertarungan ini menarik perhatian dunia, menandakan era baru perang laut telah tiba untuk angkatan laut seluruh dunia.

Source: Achille Rastelli’s Le navi del Re

Salah satu pertempuran ikonik lainnya adalah Battle of Lissa pada 20 Juli 1866. Di mana pertempuran armada laut Ironclad pertama antara Austria dan Italia terjadi. Pertempuran ini di akhiri dengan angkatan laut Austria sebagai pemenangnya. Dari situ dapat di pelajari bahwa menabrak Ironclad musuh adalah cara terbaik untuk menenggelamkannya.

Baca juga: USS Enterprise, Kapal Perang Dengan Penghargaan Terbanyak Di Perang Dunia 2

Source: Wikipedia (Geni)

Kapal perang Ironclad terus berlayar dan berperang selama Perang Dunia ke-1. Perkembangan kapal perang tersebut berakhir ketika desainer kapal menghasilkan jenis kapal baru yang di beri nama Dreadnought. Sehingga menutup era Ironclad sebagai kapal perang andalan angkatan laut dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.