Jangan Bingung, Berikut Tips Mencari Teman untuk Kalian Para Introvert!

oleh -178 views

ZETIZEN RADAR CIREBON РSelama ini masih banyak orang yang sering salah paham dengan seseorang dengan kepribadian introvert. Salah satunya bahwa orang introvert terkenal sebagai anti sosial, pemalu, nggak ramah, sampai kesepian. Sebenarnya hal tersebut nggak sepenuhnya benar, lho, karena nyatanya nggak semua orang introvert seperti itu. Seorang introvert bisa tetap bersosialisasi dengan siapa saja, meski mereka lebih suka menikmati waktu sendiri. (cva)

Apakah kamu termasuk orang yang introvert dan itu membuatmu susah untuk mendapatkan teman? Ada kalanya kamu membutuhkan teman berbagi dan berdiskusi. Bagaimanapun tidak akan ada manusia yang dapat hidup sendiri tanpa orang lain, bukan? 

Meskipun ketika bertemu orang banyak bisa menjadi sesuatu yang melelahkan untukmu, nyatanya memiliki teman merupakan hal yang penting dalam hidup. Jangan cemas, mimin telah merangkum tujuh tips yang dapat kamu lakukan untuk bisa mendapatkan teman. Yuk, simak!

1. Temukan alasan utama

Jika kamu ingin mencari banyak teman, hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah menemukan alasan yang tepat untuk itu. Kamu bisa mencoba menanyakan pada diri sendiri, apakah kamu benar-benar ingin memiliki banyak teman karena membutuhkan atau hanya sekadar ingin saja. Namun apabila kamu tidak benar-benar merasa perlu menghabiskan waktu bersama orang lain, kamu dapat memilih sendiri karena sendiri tidak selalu berarti kamu kesepian.

2. Melakukan apa yang kamu sukai

Menemukan teman dari melakukan hal yang kamu sukai pastinya menjadi sesuatu yang menyenangkan. Misalnya mendapatkan teman dari hobi yang sama, atau karena melakukan aktivitas yang biasanya kamu lakukan. Mendapatkan teman yang berasal dari hobi, aktivitas, atau pemikiran yang sama itu dapat menjadi kunci untuk menciptakan ikatan pertemanan yang lebih solid, lho.

3. Mencoba hal baru

Kamu dapat mencoba hal baru di hidupmu yang sebelumnya belum pernah kamu lakukan. Ketika mencoba hal baru, kamu akan menemukan lingkungan baru dan orang-orang baru. Hal ini mungkin akan sulit kamu lakukan di awal, khususnya bagi kamu yang introvert. Kamu tidak perlu berusaha ramah, jika memang enggan memulai basa-basi dengan semua orang. Yang terpenting kamu harus tetap nyaman dan mau melakukannya, ya, sob.

4. Terlibat dengan hal-hal sekitar

Secara naluriah kamu akan memilih untuk menghindari interaksi ajakan dari orang lain seperti saat rekan kerja mengajak makan siang. Kamu mungkin merasa malas untuk obrolan ringan sekadar basa-basi. Tetapi dengan menjadi lebih mengenal orang-orang yang berada di sekitarmu, kamu bisa saja menemukan beberapa ruang untuk kesamaan dan dapat menjalin pertemanan.

5. Meningkatkan kualitas pertemanan

Tidak masalah bagi seorang introvert apabila hanya memiliki sedikit teman. Meskipun menemukan satu teman baik sedikit sulit dan melelahkan, ini lebih baik daripada memiliki banyak teman yang tidak bisa memahamimu. Sebab, hubungan pertemanan yang berkualitas akan memberikan banyak manfaat untuk kamu.

6. Sosialisasi

Meskipun lebih baik fokus pada kualitas daripada kuantitas, bukan berarti kamu harus menutup diri dari pertemanan baru, ya, kawan. Bagaimanapun, manusia adalah mahluk sosial yang butuh bersosialisasi. Kamu dapat bersosialisasi dengan orang-orang lama ataupun baru di hidup kamu. Teman memenuhi kebutuhan sosial dan emosional yang penting, lho.

7. Memahami kekurangan itu pasti ada

Saat hubungan dengan teman baru sudah mulai terjalin, sudah mulai mengenal dan mengerti satu sama lain. Kamu akan menemukan hal-hal yang mungkin tidak sepaham dan sepemikiran denganmu, namun itu adalah hal yang biasa dan wajar terjadi. Mencoba memahami kekurangan teman dan mencoba menerimanya, membuat pertemanan kamu menjadi lebih langgeng, lho.

Menjadi pribadi yang introvert bukan berarti kamu tidak bisa memiliki teman. Introvert tidak seharusnya menjadi batasan kamu untuk bersosialisasi dengan orang lain. Bagaimanapun juga, teman merupakan unsur penting dalam hidup. Menjalin relasi meskipun sekadar pertemanan itu penting, maka jangan diabaikan, ya, kawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.