Jenis-jenis Genre Musik dan Daftar Musisi Terkenalnya

oleh -718 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Di dalam musik banyak sekali genre-genre yang harus kita kenali. Saat ini musik menjadi lambang dari suasana hati manusia. Berikut ini macam -macam genre musik yang ada beserta penyanyi terkenalnya! (cva)

1. Musik Klasik

Genre musik ini diartikan sebagai jenis yang intelektual dan indah, dapat dinikmati hampir dari semua zaman yang ada. Awalnya berasal dari Eropa ketika tahun 1750 sampai 1825. Biasanya dalam musik klasik ini ada pembagian berdasarkan periode tertentu.

Lebih tepatnya, ada pembagian menjadi tiga zaman, yaitu ada Medieval serta Renaissance, ada Baroque, Klasik serta Romantis, dan ada Modern serta Kontemporer.  Dari pembagian tersebut ada beberapa musisi dari aliran ini yang terkenal sampai sekarang diantaranya, yaitu:

Dari keempat musisi yang penulis sebutkan diatas yang paling terkenal dan populer adalah Johann Pachelbell. Mungkin nama beliau cukup asing di telinga kita, tapi karya nya yang berjudul “Canon in D” mungkin beberapa ada yang familiar dengan lagunya.

Musik klasik ini menjadi inspirasi bagi musik dan musisi yang bermunculan saat ini. Aliran klasik merupakan musik yang menenangkan. Ketenangan yang dibawa dalam genre ini membawa banyak manfaat bagi manusia.

Bahkan menurut penelitian musik klasik memiliki banyak manfaat salah satunya, yaitu meminimalisir penyakit hipertensi dan menenangkan emosi.

Beberapa contoh musik klasik diantaranya Symphony 40, Piano Sonata No 16 yang merupakan karya dari Mozart dan Moonlight Sonata karya Beethoven.

2. Musik Jazz

Jazz dianggap sebagai jenis musik yang muncul karena adanya penggabungan dari aliran lainnya, yaitu blues, ragtime, dan musik eropa, termasuk di dalamnya musik band.

Mengingat pengertian genre musik tadi, kalau pada dasarnya ada beberapa genre musik dalam sebuah lagu yang akhirnya dijadikan menjadi sebuah genre. Ada beberapa sub genre di dalam genre musik jazz, subgenre itu antara lain, dixieland, bebop, cool jazz, swing, hard bop, free jazz, jazz fusion, cafjazz, dan smooth jazz.

Di Indonesia ada beberapa musisi jazz, diantaranya adalah :

Alat musik yang biasa digunakan dalam genre ini adalah trombon, trompet, piano, saksofon dan gitar. Terkadang tidak semua orang dapat menikmati musik jazz ini. Dalam penggunaan nada, nada-nada dari genre ini sungguh unik dan memiliki ciri khas dalam permainan musiknya.

Untuk contoh musik dari jazz di Indonesia sendiri ada Could it Be dari Raisa, Everybody Knew dari Citra Scholastika.

3. Musik Blues

Aliran blues merupakan sebuah aliran yang berasal dari Amerika Serikat baik musik vokal maupun instrumennya. Muncul dari musik-musik pujian dan spiritual, yang awalnya muncul dari komunitas mantan budak-budak Afrika yang di Amerika Serikat.

Hal ini dibuktikan adanya penggunaan lirik-lirik lagu serta penggunaan blue note dan adanya penerapan dalam pola call and response (dalam hal ini ada dua kalimat yang dinyanyikan oleh dua orang secara berurutan dan pada kalimat kedua, dianggap sebagai “jawaban” atas “pertanyaan” di kalimat pertama).


Musisi dan band terkenalnya antara lain :

4. Musik Country

Genre country, merupakan aliran musik dari campuran unsur-unsur musik Amerika, yaitu gabungan dari Pegunungan Appalachia dan Amerika Serikat bagian selatan. Musik ini memiliki nada yang ceria dan dan pembawaan santai dan ringan.

Musik country ini awalnya berasal dari lagu rakyat Amerika Utara, musik gospel, musik kelt, dan hal ini berkembang sejak tahun 1920-an. Pada sekitar tahun 1940-an mulai dipakai istilah untuk musik country, istilah ini menggantikan istilah musik hillbilly yang dalam pengertiannya terkesan merendahkan.

Lalu di tahun 1970-an, istilah ini mulai populer. Ada istilah lain untuk genre musik ini yaitu country and western, akan tetapi hal itu sudah jarang dipakai, kecuali di Irlandia dan Britania Raya. Artis populer yang menggunakan genre country ini adalah Taylor Swift, contohnya dengan judul lagu Red.

5. Musik Techno

Genre yang satu ini merupakan aliran musik yang biasanya menggunakan tema futuristik. Di klub-klub malam biasanya memakai genre-genre musik ini dan biasanya musiknya dimainkan oleh seorang DJ (Disk Jockey).

Menggunakan alat musik digital seperti DJ Maker yang selalu digunakan untuk me-remix musik yang sudah ada menjadi musik yang memiliki tema futuristik. Karena menggunakan alat musik digital, genre musik ini tidak bisa dimainkan oleh alat musik yang tradisional ya, seperti gitar, sasando ataupun gendang. Grup musik yang menggunakan genre musik ini adalah Daft Punk.

6. Musik Reggae

Musik reggae menjadi suatu aliran musik yang pada awalnya dikembangan di Jamaika, sekitar akhir era 60-an. Biasanya penamaan ini digunakan secara lebih luas untuk menamai segala jenis musik yang ada di Jamaika.

Reggae ini musiknya berdasar pada aksen pada sinkopasi atau off-beat untuk ciri khas dengan gaya musik ritmis, hal ini disebut dengan skank. Tempo musik reggae ini biasanya lebih lambat. Band yang biasanya menggunakan genre reggae adalah Steven and Coconut Treez.

Berikut adalah musisi bergenre Reggae :

7. Musik R&B

R&B, mulai populer karena musik ini menggabungkan diri dari beberapa genre musik lainnya, seperti jazz, blues dan gospel. Awal mulanya diperkenalkan oleh pemusik yang berasal dari Afrika-Amerika.

Nah, musik R&B itu merupakan singkatan dari Rhythm and Blues. Artis yang menggunakan genre musik R&B adalah Justin Timberlake. Nih, kalo lagu dengan musik R&B yang lagi sering-seringnya penulis dengar saat ini, adalah At My Worst oleh Pink Sweats.

8. Musik Rap

Musik rap menjadi salah satu unsur dari musik hip-hop. Kalau biasanya kalian dengerin genre ini, biasanya teknik vokal yang digunakan adalah dengan berkata-kata cepat. Penyanyi genre ini dikenal dengan sebutan rapper.

Rap yang dilakukan biasanya diiringi dengan musik oleh sebuah band atau DJ. Rapper ini juga termasuk dalam penyanyi biasa yang bernyanyi solo, rapper tersebut adalah Xzibit dan Jay-Z. Selain itu ada rapper yang menjadi anggota dari suatu band, contohnya adalah Linkin Park.

Berikut daftar musisi dan band terkenal ber genre musik rap :

9. Musik Death Metal

Death metal, merupakan sebuah subgenre dari musik heavy metal yang awalnya berkembang dari trash metal di awal 1980-an. Corak khas yang ada di genre musik ini adalah pada liriknya, yang umumnya bertema pada kematian atau kekerasan. Band yang menggunakan genre musik death metal ini adalah The Berzerker.

Berikut ini daftar band dan musisi bergenre metal :

10. Musik Dangdut

Ketika mendengar istilah “dangdut” pasti kalian familiar banget dengan genre musik yang satu ini. Dangdut merupakan salah satu aliran musik yang paling populer di Indonesia. Ciri khas musik ini adalah adanya permainan alat musik gendang atau tabla.

Kalau, kalian mendengarkan genre musik yang satu ini pasti kalian familiar dengan musik-musik Bollywood, karena pada dasarnya dangdut terpengaruh oleh musik India Klasik dan Bollywood. Selain itu, apabila dilihat dari unsur-unsur asal gaya musiknya, bisa disimpulkan bahwa dangdut merupakan perpaduan unsur-unsur Melayu, Hindustan, dan Arab. Mengingat bahwa musik dangdut merupakan perpaduan unsur musik Arab juga, karena hal ini dilihat dari adanya cengkok dan harmonisasi nadanya.

Istilah nama dangdut sebenarnya merupakan onomatope, yang berasal dari gendang atau tabla yang biasanya dipenuhi dengan bunyi dang dan ndut. Dan dalam perkembangan selanjutnya disebut dengan dangdut. Artis yang menggunakan genre musik ini adalah Rhoma Irama, yang memiliki julukan si Raja Dangdut dan Elvy Sukaesih yang dijuluki sebagai Ratu Dangdut di Indonesia.

Daftar musisi dangdut terkenal di Indonesia :

11. Musik Pop

Nah, untuk yang selanjutnya ada genre musik pop. Biasanya musik pop ini nada dan lirik yang dibuat cenderung sederhana, berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, musik genre ini lebih mudah untuk dicerna dan sangat mudah untuk dinyanyikan, bahkan mudah untuk dihafal liriknya. Genre ini menjadi genre musik yang universal karena mampu diterima orang secara baik.

Genre musik ini berasal bentuk yang lebih modern yang ada di Inggris dan Amerika Serikat, sejak pertengahan 1950-an. Batasan genre ini adalah merujuk kepada musik yang mempunyai daya tarik yang luar biasa, mengingat istilah genre musik ini adalah genre musik populer.

Beberapa lagu yang masuk dalam kategori genre musik pop adalah Cerita Cinta dari Arsy Widianto, Kepastian oleh Aurelie Hermansyah, dan Tak Sanggup Melupa dari Ziva Magnolya.

Berikut adalah daftar musisi dan band bergenre pop :

12. Musik Balada

Adapun aliran balada, yang mana genre musik ini merupakan salah satu jenis musik yang harmoni lagunya mengalun dengan lambat dan biasanya tema-tema yang digunakan ada tema tentang percintaan.

Menggunakan lirik-lirik yang puitis dan menggunakan alunan musik lambat. Secara khusus dalam pengelompokkan genrenya, balada memiliki karakteristik khusus yaitu adanya puisi dan lagu mendayu. Genre ini hadir sebagai bentuk lambat dari lagu cinta yang populer.

Musik balada sendiri istilah katanya diambil dari bahasa inggris yaitu “ballad” yang memiliki pengertian sebagai musik yang berbentuk narasi. Mulai populer pada abad pertengahan hingga abad 19, lalu meluas ke seluruh Eropa dan selanjutnya Amerika, Australia serta ke Afrika Utara. 

Nah itu dia beberapa jenis genre musik yang ada di dunia dan Indonesia, beserta contoh penyanyi dan lagunya. Masing-masing genre tersebut memiliki corak dan ciri khas masing-masing, bahkan sejarah pembentukan genre musik yang berbeda.

Akan tetapi, genre-genre musik tersebut memiliki satu tujuan yaitu menghibur pendengarnya. Jadi, setelah memahami masing-masing genre musik yang ada, mana nih kesukaan kalian?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.