Kapan Waktu Makan Malam Terbaik Agar Tak Gendut?

oleh -117 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mendapatkan berat badan yang ideal merupakan impian banyak orang. Berbagai cara untuk menurunkan atau sekadar menjaga berat badan pun banyak tersedia, salah satunya adalah dengan memperhatikan pola makan. Selain memperhatikan jenis makanannya, menentukan waktu yang tepat untuk makan juga tidak kalah pentingnya. Sarapan, makan siang, dan makan malam merupakan bagian penting dalam program penurunan berat badan. (cva)

Hanya saja, orang yang sedang menjalani program diet sering kali takut untuk makan di malam hari karena mereka pikir dapat membuat gemuk. Sebab, setelah makan malam kebanyakan orang tidak akan melakukan aktivitas apapun dan cenderung langsung bergegas tidur.

Mengutip dari Times of India, makan yang terlalu mendekati waktu tidur dapat menyebabkan kadar gula darah dan insulin dalam tubuh menjadi meningkat, sehingga berpotensi menyebabkan kesulitan tidur.

Namun, hal ini bukan berarti makan malam berarti dapat membuat diet menjadi gagal, lho. Kamu bisa tetap makan, tetapi dengan porsi yang lebih sedikit dengan saat sarapan dan makan siang.

Selain itu, kamu sebaiknya makan tiga jam sebelum waktu tidur. Sebagai contoh, apabila kamu terbiasa tidur pukul 22.00 WIB, maka waktu yang tepat untuk makan adalah pukul 19.00 WIB.

Sebab, makan di waktu yang terlalu mepet dengan waktu tidur tidak baik untuk tubuh. Berikut beberapa alasannya:

  • Menurunkan ritme sirkadian yang membuat seseorang menjadi mudah lapar di malam hari
  • Makan terlalu malam dapat menyebabkan kamu memilih makanan tidak sehat
  • Makanan tidak sehat, seperti makanan manis, dapat meningkatkan kadar gula darah
  • Melatonin, hormon yang membantu tubuh merasa rileks, akan menurun dan menyebabkan kesulitan tidur
  • Langsung tidur usai makan dapat menyebabkan meningkatnya risiko asam lambung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.