Kata dalam Bahasa Inggris yang Berasal dari Bahasa Nordik Kuno

oleh -87 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Di luar reputasi bangsa Viking yang terkenal suka menjarah dan menakutkan, banyak orang Viking yang menjelajah, berdagang, dan belajar, menetap dengan damai di bagian lain di Eropa. Bahasa Nordik Kuno yang mereka gunakan sangat kaya dan kuat menjadi bukti yang jelas akan semua hal tersebut. (cva)

Viking sendiri berasal dari Skandinavia, berbicara dalam bahasa yang terkenal sebagai Nordik Kuno. Perlu kalian ketahui di sini bahwa arti dari Viking itu sendiri artinya “serangan bajak laut”.

Selama 1 abad, Viking menguasai sebagian besar Inggris Timur sebelum didorong kembali ke Timur Laut negara itu oleh Raja Alfred The Great. Bangsa Viking tetap berkuasa di Timur Laut hingga akhir 900-an di wilayah yang kemudian terkenal sebagai Danelaw.

Hampir 5.000 kata dasar dalam bahasa Inggris (hampir 20 persen) meminjam dari bahasa Nordik Kuno yang digunakan di seluruh Skandinavia (Denmark, Norwegia, Swedia) serta pemukiman dan koloni Skandinavia.

Nordik Kuno juga punya pengaruh yang penting pada sintaksis dan tata bahasa Inggris Kuno dan bahasa Inggris modern.

Berikut ini beberapa kata warisan dari bahasa bangsa Viking yang sering masyarakat gunakan dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari menurut Ancient Origins.

1. Wrong [salah]

Kata “wrong” rupanya berasal dari Nordik Kuno “rangr“. Kata ini diubah oleh orang Denmark menjadi “vrang“.

2. Cake [kue]

Kata “cake” berasal dari kata “kaka” dalam Nordik Kuno. Bedanya, “kaka” dimaksudkan untuk kue yang berukuran kecil.

3. Egg [telur]

Kata “egg” berasal dari kata dalam bahasa Denmark “æg“. Namun pakar lain berpendapat juga ini berasal dari kata dalam bahasa Yunani, “egius” yang artinya awal kehidupan.

4. Ugly [jelek]

Ketika orang Viking ingin menjelaskan sosok yang kurang menarik, mereka akan menggunakan kata “uggligr” yang bermakna “takut” atau “ugga“.

5. Husband [suami]

Kata “husband” berakar pada pada kata “húsbóndi” yang artinya “tuan rumah” dari kata “hús” yang berarti “rumah” dan “bóndi” yang artinya “yang menempati/mengolah tanah”.

6. Knife [pisau]

Kata “knife” berasal dari “knífr” yang juga bermakna pisau.

7. Happy [bahagia]

Kata “happy” berasal dari kata “happ” dalam Nordik Kuno. Ragnar Lodbrok dan kru-nya menggunakan kata ini ketika mereka membahas tentang nasib baik.

8. Window [jendela]

Beberapa arsitek mungkin pernah memberi tahu Anda bahwa rumah tanpa jendela sama saja dengan rumah yang “buta”.

Bangsa Viking tampaknya menjadi yang pertama menyadari akan hal itu, sehingga jendela bernama “vindauga“. Yang merupakan gabungan dari kata “vindr” angin dan “auga” mata.

9. Thursday [kamis] 

Bagi Nordik Kuno, hari kamis merupakan hari yang paling buruk dalam seminggu. Kata “thursday” yang bermakna “kamis” mengambil nama dari Dewa Petir Nordik Kuno, “Thor” dalam “Thor’s Day“.

10. Gift [hadiah]

Alasan mengapa banyak orang sangat suka bertukar hadiah mungkin melampaui agama atau bahkan tradisi karena beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa keinginan memberi dan menerima hadiah ada di dalam DNA manusia.

Viking mungkin bukan yang pertama dalam sejarah dalam tradisi memberi dan menerima hadiah, namun kata “gift” yang berarti “hadiah” berasal dari Nordik Kuno, “gipt” yang bermakna sama.

Jadi, siapa bilang kalau bangsa Viking hanya suka mencuri dan menjarah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *